5 Kota Kuno Terkenal yang Sudah Lenyap, Nomor 3 Paling Mengenaskan

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:03 WIB
Ada sejumlah kota kuno yang terkenal, namun saat ini sudah lenyap dan hanya meninggalkan bekas reruntuhan bangunan. Foto/civitatis
ADA sejumlah kota kuno yang terkenal, namun saat ini sudah lenyap dan hanya meninggalkan bekas reruntuhan bangunan . Padahal kota-kota itu pada masanya dikenal sebagai pusat seni, arsitektur, tempat tinggal raja, dan pusat pertanian yang subur selama berabad-abad.

Kota kuno itu hilang, terkadang lenyap secara misterius bak ditelan waktu. Ada juga yang lenyap mengenaskan akibat bencana letusan gunung berapi. Berikut 5 kota kuno terkenal yang sudah lenyap dirangkum laman discovermagazine;

1. Persepolis



Terletak di barat daya Iran, kota kuno Persepolis didirikan pada 518 SM oleh Darius Agung yang dikenal sebagai salah satu penguasa terpenting Dinasti Achaemenid. Sebuah mahakarya megah di tengah padang pasir, kerajaan Persia yang besar ini dibangun secara rumit menggunakan tiang-tiang ramping yang menopang langit-langit tinggi.



Terdapat patung banteng besar yang dianggap sebagai simbol dewa diukir pada baloknya. Tapi mungkin pencapaian yang paling abadi adalah sistem irigasi bawah tanahnya yang disebut qanat. (Baca juga; Nabi Muhammad SAW Terima Wahyu, Atap Istana Persia Runtuh dan Bendungan Jebol )

Sebagian besar keberhasilan kekaisaran ini, menurut para ahli, disebabkan oleh pengelolaan air yang bijaksana. Faktanya, qanat masih digunakan sampai sekarang. Tapi sayangnya, kota itu terbakar habis pada 330 SM ketika ditaklukan Alexander Agung.

2. Mesa Verde

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More