8 Negara Paling Rawan Gempa di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Kamis, 23 Desember 2021 - 14:33 WIB
Peta ini menunjukkan rangkaian gunung berapi dan patahan lempeng bumi yang tersebar di seluruh dunia. Aktivitas vulkanik dan tektonik pemicu terjadinya gempa bumi. Foto/seterra
GEMPA bumi adalah salah satu bencana alam yang paling dahsyat dan paling sulit diprediksi karena terjadi jauh di dalam kulit bumi. Pergerakan lempeng tektonik merupakan penyebab utama terjadinya gempa bumi .

Letusan gunung berapi juga dapat memicu gempa bumi, tetapi seringkali disebabkan oleh aktivitas tektonik. Berikut daftarnegara yang paling rawan gempa dirangkum worldatlas;

1. China

China mengalami 157 gempa bumi dari tahun 1900 hingga 2016, jumlah itu tertinggi dibandingkan negara mana pun. Sebagian besar gempa bumi ini terjadi di wilayah barat dayadengan geografis sangat bergunung-gunung. Beruntung bagi China, beberapa provinsi berpenduduk paling sedikit, yaitu Sichuan, Gansu, Qinghai, Xinjiang, Tibet, dan Yunnan, terletak di wilayah ini.

Medan terjal dan iklim yang keras di wilayah ini tidak kondusif untuk mendukung populasi yang tinggi. Akibat infrastruktur transportasi yang buruk dan topografi pegunungan terpencil di barat daya, upaya penyelamatan dan pemulihan setelah gempa bumi menjadi tugas yang sangat menantang. (Baca juga; Banyak Perangkap Maut, Ilmuwan Ungkap Makam Kuno Kaisar China dengan Cara Ini )