Jet Supersonik X-59 Jalani Uji Struktural, NASA Lakukan Perombakan

Kamis, 06 Januari 2022 - 17:33 WIB
Pesawat Jet Supersonik X-59 bakal menjalani pengujian struktural di markas NASA di Fort Worth, Texas. Foto/Lockheed Martin/NASA/slashgear
TEXAS - Pesawat Jet Supersonik X-59 bakal menjalani pengujian struktural di markas NASA di Fort Worth, Texas. Untuk menghadapi critical ground testing, NASA meminta Lockheed Martin untuk sementara merombak pesawat eksperimen yang diberi nama X-59 Quiet Supersonic Technology atau QueSST.

Dikutip SINDOnews dari laman Slashgear, Kamis (6/1/2021), tes ini akan menjadi tonggak utama dalam perjalanan menuju penerbangan pertama X-59. Penerbangan supersonik dapat merevolusi transportasi udara, tetapi memiliki satu kelemahan utama yang bisa menghalangi pengoperasiannya, yaitu ledakan sonik yang keras.

NASA berharap mampu mengubah kelemahan ini dengan mengembangkan teknologi low-boom sehingga pesawat ultra-cepat ini bisa dioperasikan untuk masyarakat luas. Untuk itu, NASA mulai melakukan pengujian struktural dengan pengujian darat pesawat X-59.

Melalui pengujian ini , NASA ingin memastikan pesawat X-59 dapat menangani tekanan substansial yang terjadi saat pengoperasian. Tim penguji X-59 di Texas juga akan menguji sistem bahan bakar pesawat dan melakukan kalibrasi. (Baca juga; Jet Supersonik X-59 Mampu Redam Sonic-Boom, NASA Lakukan Uji Struktur Pesawat )

Setelah itu selesai, pesawat akan dikemas kembali dan dikirim kembali ke California untuk putaran pengujian berikutnya dan pekerjaan lainnya. Selama proses pengiriman X-59 dari California ke Texas, badan pesawat dan bagian busur merah besar dibungkus sedemikian rupa agar tidak rusak.





Dengan asumsi tidak ada masalah besar yang menyebabkan penundaan lama, seperti yang dialami observatorium Teleskop Luar Angkasa James Webb, pesawat X-59 akan memulai penerbangan pada tahun 2024.

NASA dan Lockheed Martin akan mengumpulkan data tentang suara yang dihasilkan selama penerbangan dan bagaimana masyarakat di wilayah sekitar meresponsnya. (Baca juga; AS Bikin Satelit Pendeteksi Rudal Hipersonik, China: Bisa Ngak Menghentikannya? )
(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More