Viral Video Pesawat Melintas di Atas Taj Mahal, Pemerintah India Kebakaran Jenggot

Selasa, 01 Maret 2022 - 19:58 WIB
Video viral yang merekam pesawat terbang melintas di atas Taj Mahal membuat pemerintah India kebakaran jenggot. Foto/SputnikNews
DELHI - Video viral yang merekam pesawat terbang melintas di atas Taj Mahal membuat pemerintah India kebakaran jenggot. Sebab, Pemerintah federal India pada Juni 2006 menetapkan zona larangan terbang dengan radius 7,4 km di sekitar Taj Mahal untuk alasan keamanan.

Video berdurasi 16 detik yang muncul di media sosial pada hari Senin 28 Februari 2022 menunjukkan pesawat melintas di dekat salah satu menara Taj Mahal. Namun, belum pasti apakan posisi pesawat itu menerabas batas zona aman atau belum.

Namun, menurut laporan media, staf Pasukan Keamanan Industri Pusat (CISF) mengungkapkan bahwa posisi pesawat tidak sedekat yang terlihat. Tapi cukup tinggi berada di luar zona larangan terbang di wilayah bangunan bersejarah yang ikonik dari abad ke-17 itu.



Dikutip dari laman Sputniknews, Selasa (1/3/2022), Survei Arkeologi India (ASI) melaporkan peristiwa itu karena pesawat melintasi di atas zona larangan terbang di Taj Mahal. ASI adalah lembaga yang melekat pada Kementerian Kebudayaan federal dan bertanggung jawab atas penelitian arkeologi dan konservasi monumen budaya dan sejarah di India.



Arkeolog pengawas ASI (Lingkaran Agra), Raj Kumar Patel, mengatakan bahwa pejabatnya akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan setelah mereka mendapatkan laporan itu. Mereka tidak ingin insiden serupa terulang dan dikhawatirkan mengganggu bangunan bersejarah Taj Mahal.



Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ada beberapa insiden drone yang dilaporkan melintas di dalam zona larangan terbang di atas Taj Mahal. Taj Mahal merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal terletak di Agra, India.



Taj Mahal dibangun Kaisar Mughal Sh?h Jah?n, sebagai mausoleum untuk istrinya yang berasal dari Persia Arjumand Banu Begum atau Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pada tahun 1631 Mumtaz Mahal, istri ketiga dan istri yang paling dicintai Kaisar Mughal, wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka. Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More