Dikabarkan Hancur Dibom Rusia, Pesawat Terbesar Ukraina Ekornya Masih Utuh

Selasa, 01 Maret 2022 - 16:56 WIB
loading...
Dikabarkan Hancur Dibom Rusia, Pesawat Terbesar Ukraina Ekornya Masih Utuh
Setelah ramai dikabarkan hancur dibom pasukan militer Rusia, pesawat kargo terbesar Ukraina Antonov An-225 Mriya menunjukkan penampakan bagian ekornya masih utuh. Foto/The War Zone
A A A
KIEV - Setelah ramai dikabarkan hancur dibom pasukan militer Rusia, pesawat kargo terbesar Ukraina Antonov An-225 Mriya menunjukkan penampakan bagian ekornya masih utuh. Penampakan ini memberikan secercah harapan, bahwa satu-satunya pesawat jet kargo terbesar di dunia ini tidak hancur total.

Laporan pesawat kebanggaan Ukraina ini hancur total datang setelah pemiliknya menyatakan tidak dapat memastikan kondisi setelah Bandara Hostomel dibom Rusia. Foto yang beredar tampak ledakan besar terjadi di hanggar pesawat An-225 Mriya.

Tentu saja, pemeriksaan secara langsung tidak mungkin dilakukan karena lokasi bandara telah menjadi salah satu titik pertempuran paling sengit. Sejauh ini, Rusia mengerahkan beberapa tentara khusus ke fasilitas bandara untuk mendirikan pos dan menjadi titik hubung terdekat dengan Kiev.



Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, dalam foto yang dirilis planet labs dan diperkirakan diambil pada tanggal 28 Februari 2022, bagian ekor pesawat An-225 Mriya terlihat masih utuh dari balik hanggar yang dibom.

Dari foto citra satelit, meskipun tempat perlindungannya compang-camping, setidaknya penampakan ekor An-225 menjadi harapan bahwa pesawat terbesar yang menjadi ikon Ukraina masih selamat. Apalagi tampak bangunan hanggar belum hancur total, menumbuhkan harapan kondisi pesawat tidak seburuk perkiraan awal.
Dikabarkan Hancur Dibom Rusia, Pesawat Terbesar Ukraina Ekornya Masih Utuh


Tetapi bagimana nasib pesawat terbesar itu selanjutnya, belum bisa dipastikan karena perang masih berkecamuk. Status pasti bandara saat ini tidak diketahui, tetapi Rusia sekali lagi mengklaimnya sebagai bagian dari kemajuan aksi militer besar-besaran yang bergerak dari Belarusia.



Pertempuran terus-menerus selama enam hari terakhir di bandara Hostomel telah mengakibatkan tempat perlindungan pesawat An-225 ditembus peluru artileri. Bandara Hostomel menjadi fasilitas penting dan strategi yang diperebutkan tentara Rusia dan Ukraina karena letaknya dekat dengan Kiev.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)