Di Tangan Rusia Monster-monster Laut Uni Soviet Jadi Lebih Menakutkan

Jum'at, 04 Maret 2022 - 14:16 WIB
Monster-monster Laut Uni Soviet lebih menakutkan di tangan Rusia. FOTO/ IST
MOSCOW - Senjata yang dimiliki Rusia disinyalir adalah pengembangangan dari proyek ambisius Uni Soviet untuk membangun ‘monster-monster laut’. Namun, monster laut Uni Soviet lkini lebih menakutkan dari yang awalnya.

Seperti dilansir Kantor Berita TASS, Pada 1930-an, pemimpin Soviet ingin menciptakan armada laut yang kuat demi menyeimbangkan kekuatan Marinir negara-negara adidaya kala itu. Karena itulah, Uni Soviet membangun sejumlah kapal perang di bawah Proyek 23 ‘Sovetsky Soyuz’ (Uni Soviet).



Kapal ini diproyeksikan menjadi kapal perang terbesar dan terkuat pada pertengahan 1930-an. Bayangkan saja, panjang kapal mencapai 270 meter dan lebarnya 38 meter. Tak heran, kapal ini bisa menampung sekitar 1.300 awak. Dengan kekuatan mesin 200.000 tenaga kuda dan berat benaman 65.000 ton, monster laut ini mampu melaju hingga 29 knot (sekitar 53 km/jam).

Kapal-kapal ini seharusnya dipersenjatai dengan tiga meriam artileri 406 mm yang menembakkan 1.105 kilo proyektil pada jarak hingga 46 km.



Pada saat yang sama, kapal-kapal perang ini direncanakan memiliki lapis baja tebal yang lebarnya mencapai lebih dari empat meter di tempat-tempat tertentu dan mampu menahan ledakan yang setara dengan 750 kilo TNT.

Namun, Perang Dunia II mengubah rencana pemimpin Soviet untuk membangun monster laut ini karena tentara membutuhkan senjata lain yang lebih penting di medan perang.

Dan kini Angkatan Laut Rusia memiliki Kapal selam Novosibirsk 885M adalah kelas Yasen-M dan dikenal sebagai kapal selam nuklir multiguna. Kapal selam andalan Rusia ini mampu membawa dan meluncurkan rudal jelajah generasi ke-4. Kapal ini dilengkapi dengan torpedo 10 x 533 mm yang menembakkan 30 torpedo self-guided dan remote-control.

Kapal selam Novosibirsk dilengkapi dengan 8 rudal anti kapal supersonik Onyx, 8 rudal jelajah hipersonik anti kapal bermanuver scramjet Zircon, dan juga 8 rudal jelajah Kalibr. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem rudal anti-pesawat portabel Rusia Igla-S.

Kecepatan maksimum kapal selam Novosibirsk di bawah air mencapai 31 knot tetapi hampir dua kali lebih lambat di permukaan - 16 knot. Awaknya hanya berjumlah 64 pelaut, tetapi kedalaman maksimum kapal selam mencapai 600 meter, dan kedalaman kerja optimalnya adalah 500 meter.
(wbs)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More