Rusia Hentikan Pasokan Titanium, Boeing dan Airbus Menjerit

Rabu, 02 Maret 2022 - 16:28 WIB
loading...
Rusia Hentikan Pasokan Titanium, Boeing dan Airbus Menjerit
Boeing dan Airbus menjerit Rusia hentikan pasokan titanium. FOTO/ IST
A A A
MOSCOW - Akibat menyerang Ukraina, Rusia mendapatkan sanksi dari berbagai negara sekutu Amerika Serikat seperti Prancis dan Inggris. Rusia pun tak ambil diam, Negara berjuluk Beruang Merah mengancam akan menghentikan pengiriman titanium ke perusahan industri pesawat seperti Boeing dan Airbus

Seperti dilansir dari flightglobal, invasi Rusia ke Ukraina telah membawa ketidakpastian bagi perusahaan kedirgantaraan Barat, pasalnya banyak di antaranya bergantung pada Rusia untuk menyediakan sebagian besar komponen titanium yang digunakan untuk memproduksi pesawat dan mesin komersial.

BACA JUGA - Selain Nuklir dan Robot, Ide Gila Rusia Ini Dijamin Bikin NATO Jantungan

Di pasar titanium, VSMPO-Avisma dari Rusia adalah pemain terbesar di dunia, dimana perusahaan ini memasok komponen penting dalam rantai pembuatan pesawat komersial di dunia.

Airbus dan Boeing, dan banyak lainnya dalam rantai pasokan yang lebih luas, bergantung pada impor titanium dari perusahaan Rusia ini.

Pasca invasi Rusia ke Ukraina, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan, rangkaian sanksi akan menurunkan kemampuan industri kedirgantaraan Rusia. Tetapi Biden mungkin lupa, perang ekonomi yang dikobarkan juga dapat melukai sektor kedirgantaraan Barat, terutama jika pasokan titanium Rusia terhenti.

“Jika pasokan dari Rusia itu hilang itu akan menjadi masalah besar,” kata Kevin Michaels, direktur pelaksana konsultan kedirgantaraan AeroDynamic Advisory.

VSMPO-Avisma disebut-sebut memasok sekitar 35-40 persen titanium yang digunakan oleh Boeing, setidaknya setengah dari kebutuhan Airbus dan sebagian besar dari Embraer.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3486 seconds (10.55#12.26)