Sejarah Senjata di Zaman Manusia Purba

Senin, 28 Maret 2022 - 22:30 WIB
Senjata manusia purba. FOTO/ IST
JAKARTA - Perkembangan senjata modern terlihat sangat pesat dan canggih. Perlu diingat bahwa senjata sudah berkembang sejak ribuan tahun lalu dan digunakan oleh manusia purba.

Selain sebagai alat pertahanan diri, senjata-senjata tersebut juga digunakan untuk berburu, memotong tanaman hingga memahat.



Berikut 5 senjata yang ada di zaman manusia purba.

1 Senjata Kapak Genggam



Kapak genggam merupakan salah satu senjata yang banyak digunakan oleh manusia purba di masa pleistosen tengah. Melansir buku ‘Pengetahuan Prasejarah: Budaya Manusia Purba Sangiran’, kapak genggam adalah alat yang terbuat dari batu dengan pemangkasan dan penajaman pada kedua permukaannya.

Dengan pemangkasan dan penajaman itu, terciptalah bentuk yang simetris, lonjong, dan cenderung runcing di bagian ujungnya.

Kapak genggam yang terbuat dari batu andesit ditemukan di Pacitan. Wilayah yang juga menjadi lokasi ditemukannya kapak genggam adalah Sukabumi, Lahat, dan Gombong.

Informasi lain yang didapat dari penelitian bertajuk ‘Asal Muasal Indonesia: Periodesasi Kehidupan Awal di Indonesia’, kapak genggam biasa digunakan untuk mengambil ubi, menguliti binatang, dan memotong.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More