Sejarah Senjata di Zaman Manusia Purba

Senin, 28 Maret 2022 - 22:30 WIB
4. Senjata Busur dan Anak Panah

Busur dan anak panah berumur lebih dari 48 ribu tahun ditemukan di Sri Lanka oleh para arkeolog pada Juni 2020 silam. Melansir SINDOnews, alat-alat yang terbuat dari tulang, gigi, dan batu juga ditemukan di lokasi yang sama, di Fa-Hien Lena, Sri Lanka.

Alat tersebut, termasuk anak panah, digunakan untuk senjata berburu. Berdasarkan catatan sejarah, anak panah purba tertua yang pernah ditemukan adalah berusia 64 ribu tahun. Arkeolog menemukan benda tersebut di Gua Sibudu, Afrika Selatan.

Busur beserta anak panah sendiri diketahui sebagai alat berburu dan pertahanan yang canggih dari manusia purba. Mereka akan sangat kesulitan jika bertarung dari jarak dekat, karena itu diciptakanlah busur beserta anak panahnya.

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui kapan alat tersebut digunakan pertama kali. Hal itu terjadi karena busur dan anak panah adalah benda yang sangat mudah rusak.

5. Senjata Sabit

Senjata lain yang juga digunakan pada masa manusia purba adalah sabit. Senjata ini ditemukan pada zaman besi. Diketahui, orang-orang pada zaman ini sudah mampu melebur besi dari bijinya dan membentuk alat-alat yang diinginkan.

Selain sabit, peralatan yang diproduksi di zaman besi adalah mata pisau, mata pedang, cangkul, dan mata kapak bertungkai kayu. Lokasi penemuannya pun banyak terdapat di Gunung Kidul, Bogor, dan Besuki Jawa Timur.

Sabit adalah senjata yang multifungsi. Masyarakat pada masa itu biasa menggunakannya untuk menyabit tumbuhan atau sebagai alat pertahanan diri dari serangan hewan buas.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More