Ini Laba-laba dan Kalajengking Terbesar yang Pernah Ada

Rabu, 27 April 2022 - 11:54 WIB
Hewan-hewan ini adalah arakhnida terbesar yang diketahui, baik yang masih hidup maupun yang sudah punah. Tetapi jika kalajengking laut dan kepiting tapal kuda memang dianggap arakhnida, maka yang terbesar dan masih hidup bukan lagi laba-laba, melainkan kepiting tapal kuda.

Spesies kepiting tapal kuda terbesar yang masih hidup secara dramatis melampaui laba-laba terbesar yang masih hidup. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 di Journal of Asia-Pacific Biodiversity, Tachypleus tridentatus yang terbesar dari kelompok ini, dapat mencapai ukuran 79,5 cm dan beratnya mencapai 4 kilogram.

Namun, dari fosil yang ditemukan, spesies berukuran terbesar yang pernah ada diberikan kepada anggota kalajengking laut yang sekarang sudah punah. Kelompok yang secara ilmiah dikenal sebagai eurypterids.

Fosil menunjukkan bahwa banyak dari predator laut purba ini bahkan akan menyaingi manusia dalam ukuran. Spesies terbesar dari kelompok ini adalah Jaekelopterus rhenaniae, spesies yang ditemukan pada tahun 2007 yang memiliki cakar sepanjang 46 cm.

Dari cakarnya, para peneliti memperkirakan panjang tubuhnya kira-kira 2,5 meter. Ukuran ini menjadikannya yang terbesar dalam kelas arakhnida.