5 Negara yang Memiliki Senjata Kimia, Nomor 4 Kemampuannya Tak Disangka

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 10:28 WIB


Amerika Serikat mengumumkan menyimpan 28.577 metrik ton senjata kimia di sembilan tempat penyimpanan di delapan negara bagian dan di Atol Johnston di sebelah barat Hawaii. Dalam laporan tahunan OPCW untuk 2018 dinyatakan bahwa Amerika Serikat telah menghancurkan sekitar 90,6 persen, atau sekitar 25.154 metrik ton, dari persediaan senjata kimia yang telah disampaikan saat CWC mulai berlaku.

Pada Juli 2020, Amerika Serikat masih memiliki 1.445,5 metrik ton mustard dan agen saraf yang tersisa dalam persediaannya. Amerika Serikat diproyeksikan untuk menyelesaikan penghancuran senjata kimia pada September 2023.



3. Korea Selatan



Korea Selatan menolak untuk mengakui persediaan senjata kimia yang dimiliki dalam presentasi publik apa pun, termasuk pidato tahunan oleh duta besarnya untuk OPCW. Korea Selatan mengklaim kerahasiaan penuh (informasi yang sangat dilindungi) di bawah Confidentiality Annex of the CWC.

Korea Selatan, bersama India, diperkirakan memiliki persediaan senjata kimia sekitar 500-1.000 metrik ton. Namun, Korea Selatan tetap menjaga kerahasiaan informasinya, terkait ukuran, lokasi, komposisi, dan proses penghancuran senjata mereka.

Oleh karena itu, semua delegasi dan staf OPCW menyebutnya sebagai “Negara Pihak” yang mengacu pada negara-negara pemilik yang dinyatakan. Korea Selatan menyelesaikan penghancuran senjata kimianya pada tahun 2008.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More