Peluncuran Pertama Roket India Sukses, Namun Gagal Menempatkan 2 Satelit di Orbit

Senin, 08 Agustus 2022 - 11:25 WIB
Muatan utama pada misi hari Sabtu 6 Agustus 2022 adalah EOS-02, satelit pengamatan Bumi eksperimental seberat 135 kilogram. Satelit kedua yang naik pada hari Sabtu adalah cubesat seberat 8 kg yang disebut AzaadiSAT.



Pesawat ruang angkasa kecil ini dimuat dengan 75 muatan berbeda, yang dibangun oleh siswa perempuan di seluruh India untuk melakukan berbagai "eksperimen femto". “Satelit seri microsat ini menawarkan penginderaan jauh optik canggih yang beroperasi di pita inframerah dengan resolusi spasial tinggi,” tulis pejabat ISRO.

Sedangkan roket SSLV dirancang untuk meluncurkan satelit yang relatif kecil; roket dapat melayang hingga 500 kg ke orbit Bumi rendah (LEO). Ketika SSLV sepenuhnya online, India akan memiliki tiga roket di armadanya saat ini.

Dua lainnya adalah Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) setinggi 44 meter, yang dapat mengangkut hingga 1.750 kg ke orbit kutub sinkron matahari. Kendaraan Peluncuran Satelit Geosynchronous (GSLV) , dapat membawa 5.000 kg ke LEO atau 2.500 kg ke orbit transfer geostasioner yang jauh lebih tinggi.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More