5 Fenomena Alam Langka Super Langka yang Terjadi di Bumi

Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:39 WIB
2. Frozen Methane Bubbles

Pada saat musim dingin tiba, air di rawa, sungai, serta danau biasanya ikut membeku. Hal ini menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat. Namun ada fenomena alam langka yang terjadi di Alaska, Amerika Serikat saat musim dingin tahun lalu.

Di daerah yang bernama Potter Marsh, ditemukan gelembung-gelembung putih unik di air rawa yang beku. Gelembung tersebut ternyata berasal dari bakteri yang hidup di dasar rawa. Bakteri-bakteri tersebut biasanya melepaskan gas metana. Saat dibekukan, gas tersebut akan menciptakan gelembung putih dalam bekuan air rawa.



Letak dari gelembung putih di air yang beku tergantung pada laju pelepasan gas dan laju pembentukan es. Jika pelepasan gas relatif lambat, gelembung akan membeku dalam aliran vertikal dengan lapisan es di antara gelembung. Jika gas dilepaskan lebih cepat daripada es yang membeku, gelembung gas menumpuk dan tumbuh menjadi gelembung yang lebih besar atau pola yang lebih kompleks.

3. Catatumbo Lightning

Salah satu gejala alam yang biasa muncul saat musim hujan adalah petir. Namun, berbeda dengan petir biasa, petir ini menyambar tanpa henti. Fenomena itu terjadi di Venezuela dan disebut sebagai Catatumbo Lightning. Petir Catatumbo dapat menyambar hingga 400.000 lebih sambaran dalam setahun.

Diperkirakan penyebab terjadi Petir Catatumbo adalah akibat dari proses angin yang bertiup melintasi Danau Maracaibo dan melewati rawa-rawa besar yang terdapat banyak kandungan bahan-bahan organik (gas metana) yang membusuk.

Setelah proses tersebut, maka terbentuklah awan gas besar yang terionisasi. Setelah melewati beberapa fase, awan gas ini kemudian terbawa naik ke atmosfer dan bertabrakan dengan angin kencang yang berasal dari pegunungan tinggi Andes,

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More