4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah

Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:01 WIB


Monyet Drill adalah monyet terbesar kedua di dunia dengan berat hingga 110 pon atau sekitar 49,8 Kg! Drill dianggap sebagai salah satu mamalia paling terancam punah di Afrika dengan hanya tersisa 3.000 ekor di alam liar. Mereka ditemukan di daerah kecil hutan hujan di Nigeria, Kamerun, dan Guinea Khatulistiwa.

Monyet Drill kurang dikenal dibandingkan dengan mandrill meskipun terkait erat. Namun, mereka memiliki fitur yang sama menariknya, pantat monyet Drill jantan sangat berwarna-warni termasuk warna ungu muda, merah, biru, dan ungu. Intensitas warna ini menandakan peringkat sosial Dril jantan dalam kelompok. Bahkan alat kelamin monyet Dril jantan juga berwarna merah dan ungu.



3. Chacma Babon, 44,9 Kg



Babon Chacma dapat memiliki berat hingga 99 pon atau sekitar 44,9 Kg! Babon Chacma adalah spesies babon terbesar dan merupakan monyet terbesar di dunia berdasarkan panjangnya. Panjang babon dewasa bisa mencapai 45 inci dan panjang ekor hingga 33 inci.

Babon ditemukan di Afrika bagian selatan termasuk Afrika Selatan, Angola, Zambia, Botswana, Zimbabwe, dan Mozambik. Babon chacma memiliki status konservasi yang paling tidak diperhatikan, padahal termasuk mangsa yang populer. Predator umum untuk babon chacma adalah macan tutul.



4. Babon Zaitun, 37,1 Kg
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More