Berleher Panjang, Arkeolog Temukan Fosil Dinosaurus Tertua di Bumi

Jum'at, 02 September 2022 - 15:08 WIB
Seperti yang ditulis dalam laporan jurnal Nature, Amerika Selatan dan India yang sebelumnya telah menghasilkan fosil dinosaurus dari periode waktu yang sama.

Ahli paleontologi memilih situs Zimbabwe untuk penggalian setelah menentukan bahwa itu terletak kira-kira pada garis lintang yang sama dengan penemuan sebelumnya di Amerika Selatan saat ini ketika semua benua terhubung di daratan yang dikenal sebagai Pangea.

Menurut Max Langer dari Universitas Sao Paulo di Brazil, "Mbiresaurus raathi sangat mirip dengan beberapa dinosaurus pada usia yang sama yang ditemukan di Brazil dan Argentina, memperkuat bahwa Amerika Selatan dan Afrika adalah bagian dari daratan yang berkelanjutan selama Trias Akhir."

Lokasi kerangka itu di distrik Mbire timur laut Zimbabwe dan ahli paleontologi Michael Raath, yang menemukan fosil pertama di daerah itu, dihormati dengan nama dinosaurus.

Kerangka tersebut ditemukan dalam dua ekspedisi yang dilakukan pada 2017 dan 2019 oleh tim peneliti dari Zimbabwe, Zambia, dan Amerika Serikat (AS).
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More