Apakah Ular Kobra Takut Garam? Berikut Penjelasan dari Ahlinya

Selasa, 06 September 2022 - 12:59 WIB
Apakah Ular Kobra Takut Garam. FOTO/ AZ Animal
JAKARTA - Apakah Ular Kobra takut garam pertanyaan ini sering dipertayakan masyarakat Indonesia. Namun tak sedikit yang percaya garam sebagai bahan yang ditakuti ular.

Tak jarang, saat berkemah di alam bebas, orang akan menaburkan garam di sekeliling rumah atau tenda dengan tujuan agar ular tidak mendekat.



Faktanya, cara tersebut bukan hal yang benar.

Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia Aji Rachmat Purwanto mengatakan Ular masuk dalam kategori reptil bukan moluska. Hewan yang satu ini sama sekali tidak takut dengan garam, jadi percuma saja apabila Anda menaburi garam di sekeliling rumah dalam upaya menangkal datangnya ular.



"Untuk mengurangi populasi ular kobra ini bisa dilakukan dengan teknik catch and relocationi, bukan dengan dibunuh," katanya ketika dihubungi SINDOnews.

Aji mengatakan, untuk mengurangi keberadaan anak ular kobra, warga diharapkan bisa bergotong royong membersihkan area yang tidak tertata dan jarang dijamah. Karena tumpukan material dan kebun tak terawat menjadi tempat nyman bagi ular untuk sembunyi.

"Rumah kosong di semprot dengan fogging nyamuk secara berkala agar satwa di dalam tidak betah dan berpindah," kata Aji.

Tips selanjutnya, kata Aji, pasang jaring besi di saluran irigasi akses keluar masuk. Pohon-pohon di atas pagar di bersihkan dari akses luar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More