Elon Musk: Sel Surya Mampu Penuhi Kebutuhan Listrik Dunia

Sabtu, 17 September 2022 - 21:43 WIB
CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa energi matahari mampu memenuhi kebutuhan energi seluruh dunia.Foto/Yahoo
TEXAS - CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa energi matahari mampu memenuhi kebutuhan energi listrik seluruh dunia. Dia menyebutkan bahwa energi matahari ini dapat diperoleh secara gratis, hanya tinggal menangkapnya dan mengubah menjadi energi listrik.

“Reaktor fusi gratis di langit dapat dengan mudah mengubah, 4 juta ton massa menjadi energi setiap detik. Kita hanya perlu menangkapnya dalam jumlah yang sangat kecil untuk menggerakkan semua peradaban,” kata Musk melalui akun twitternya 16 Oktober 2020.

Dalam pengertian teknis, tweet Musk tentu saja benar: matahari adalah reaktor fusi alami yang menghasilkan energi dalam jumlah yang tak terduga. Bumi, yang dilindungi oleh atmosfer tebal, sangat mungkin memperoleh sumber energi sendiri.



Berapa banyak energi yang dihasilkan Matahari melalui reaksi fusi nuklir yang memberi kehidupan di tata surya? Jawabannya cukup rumit, namun bisa disederhanakan, yaitu: 385 yotta watt atau sekitar 3,85 kali 10 pangkat 26.



Dari jumlah itu, sekitar dua pertiganya menghantam Bumi setelah menempuh perjalanan sejauh 92 juta mil. Jadi jumlah energi yang berhasil melewati perjalanan jauh masih sangat kuat.

“Jika semua energi sinar Matahari yang mengenai permukaan bumi di Texas saja dapat diubah menjadi listrik, itu akan mencapai 300 kali total output daya dari semua pembangkit listrik di dunia!” demikian keterangan Universitas Tennessee dikutip SINDOnews dari laman popularmechanics.



Sedangkan Elon Musk punya penghitungan sendiri, untuk memenuhi kebutuhan listrik seluruh Amerika Serikat (AS) dengan energi matahari, yaitu menggunakan sebidang tanah 100 kali 100 mil atau sekitar 10.000 mil persegi. Diketahui AS menggunakan 3.725 Terawatt-jam selama satu tahun pada 2013, setara dengan 425 gigawatt.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More