Ini Alasan Orang Mesir Kuno Tak Mengenal Dewa Kematian, Meskipun Punya Banyak Dewa

Kamis, 06 Oktober 2022 - 20:21 WIB
Mengingat bahwa kematian dan pengabdian kepada banyak dewa sangat menonjol dalam budaya Mesir kuno, siapakah dewa kematian yang ditakuti? Foto/wikipedia
KAIRO - Orang Mesir kuno dikenal karena banyak hal, seperti mumifikasi, piramida besar, sistem penulisan yang canggih, dan kepercayaan akan kehidupan setelah kematian. Mengingat bahwa kematian dan pengabdian kepada banyak dewa sangat menonjol dalam budaya Mesir kuno, siapakah dewa kematian yang ditakuti?

Meskipun Osiris sering dianggap sebagai dewa dunia bawah Mesir atau dewa kematian, namun para ahli punya argument berbeda. Andrea Kucharek, ilmuwan Universitas Heidelberg di Jerman yang melihat teks-teks ritual Osirian, mengatakan bahwa menyebut Osiris sebagai dewa kematian adalah suatu kesalahan.

“Dia tidak membawa atau menyebabkan kematian tetapi berdaulat atas kematian. Bahkan, dia juga dewa kehidupan, memastikan kesuburan tanaman, hewan, dan manusia,” kata Kucharek kepada Live Science dikutip SINDOnews, Kamis (6/10/2022).



Bahkan, orang Mesir kuno melihat Osiris sebagai dewa khusus, setelah dia "mati", hidupnya dipulihkan secara ritual. “Osiris tidak biasa di antara dewa-dewa Mesir karena dia sendiri telah meninggal dan telah dihidupkan kembali dalam keadaan transfigurasi baru berkat bantuan ritual yang dilakukan untuknya,” tutur Mark Smith, profesor Egyptology di Universitas Oxford.



Dewa Mesir kuno lainnya dikaitkan dengan orang mati, seperti Anubis, Horus, Hathor dan Isis. Namun, itu juga tidak akurat untuk menyebut sebagai salah satu dari mereka sebagai dewa kematian.

Anubis berkepala serigala adalah dewa yang sangat penting yang terkait dengan orang mati. Namun, dia tidak dikenal sebagai dewa kematian.

“Dia adalah dewa pembalseman,” ujar Emily Teeter, seorang ahli Mesir Kuno dan peneliti di Universitas Warsawa. Dalam mitologi Mesir, Anubis melakukan mumifikasi pertama, dari Osiris sendiri.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More