Temuan Spesies Baru Paus di Meksiko, Mirip Ikan Nun Nabi Yunus?

Minggu, 23 Oktober 2022 - 16:06 WIB
Temuan spesies baru paus dikaitkan dengan ikan nun yang menelan nabi Yunus?. FOTO/ IST
NEW MEXICO - Penemuan spesies baru paus berukuran sangat besar di laut meksiko masih mengundang perdebatan, spesies ini disebut sangat mirip dengan ikan Nun yang memakan Nabi Yunus.



Paus berparuh dan pemalu tersebut ditemukan pada 17 November 2020 di Kepulauan San Benito, Meksiko atau sekitar 300 mil sebelah Selatan perbatasan Amerika Serikat - Meksiko.

“Hewan-hewan ini muncul ke permukaan tepat di sebelah perahu,” kata pakar biologi mamalia laut dari Scripps Institution of Oceanography di San Diego, Jay Barlow, kepada LiveSciens.

“Itu pertemuan yang fenomenal. Sangat jarang bahkan untuk melihat paus berparuh. Sementara untuk menemukan sekelompok paus berparuh yang ramah, sangat jarang,” imbuh Barlow.



Barlow pun mengungkapkan bahwa pihaknya tetap berhati-hati untuk mengidentifikasi temuan mereka tersebut. Kini, peneliti tengah menunggu hasil analisis sampel air pada sel kulit yang berfungsi untuk pengujian DNA lebih lanjut serta menjawab apakah spesies paus ini adalah spesies baru atau bukan.

Jika dirunut dengan ikan Nun Dari sebagian besar menyebutkan bahwa ikan Nun memiliki fisik yang sangat besar. saking besarnya bahkan dapat menelan apapun, termasuk kapal-kapal yang berlayar di lautan.

Ikan nun sendiri belum pernah terdefinisi perihal jenisnya. Banyak yang berargumen bahwa ikan nun adalah sejenis paus, karena memang makhluk air terbesar di bumi adalah paus. Bisa saja ikan nun adalah makhluk lain yang bentuknya sama sekali berbeda.

Tak diketahui pasti bagaimana nasib ikan nun setelah memuntahkan Nabi Yunus AS. Tidak banyak cerita yang mengulas bagaiamana nasib ikan nun tersebut. Sebagian besar meyakini bahwa ikan nun masih hidup hingga sekarang.

Alasannya merujuk pada keterangan Al-Qur’an QS. As-Shaffat:143-144, bahwa jika pada saja Nabi Yunus AS tidak berdzikir saat di dalam perut ikan maka ia akan tetap berada disana sampai hari berbangkit.

Dari ayat ini diketahui bahwa ikan nun berumur sangat panjang, setidaknya sampai hari kiamat.
(wbs)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More