Hantu Laut Raksasa dengan Lengan Mulut Terekam di Lepas Pantai AS

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:31 WIB
Ubur-ubur predator raksasa yang jarang terlihat sehingga dijuluki Hantu Laut Raksasa terekam di kedalaman lepas pantai Monterey Bay, California, Amerika Serikat (AS). Foto/MBARI/Daily Star
FLORIDA - Ubur-ubur predator raksasa yang jarang terlihat sehingga dijuluki Hantu Laut Raksasa terekam di kedalaman lepas pantai Monterey Bay, California, Amerika Serikat (AS). Ubur-ubur predator ini menggunakan tentakel, seperti lengan mulut yang besar, untuk menarik dan memakan mangsa.

Dikutip Daily Star, Selasa (6/12/2022), ahli biologi kelautan dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) berhasil mendapatkan rekaman yang luar biasa ubur-ubur predator raksasa itu. Hantu laut raksasa itu memiliki "lengan mulut" besar yang panjangnya mencapai 10 meter dan lebar mulut 1 meter.

Hewan pembunuh itu menggunakan tentakel panjangnya untuk menjebak mangsanya sebelum menyeretnya ke dalam mulutnya. “Ubur-ubur yang menakutkan menggunakan kepalanya yang bercahaya untuk mengeluarkan denyut nadi yang dapat mendorongnya melewati air,” kata para peneliti dari Live Science.



Ubur-ubur predator raksasa ini dikenal sebagai gigantea Stygiomedusa dan merupakan salah satu ubur-ubur terbesar yang pernah ada. Ubur-ubur hantu raksasa ini biasa bersembunyi di kedalaman lebih dari 900 meter di bawah permukaan laut.



MBARI mencatat baru 9 kali berhasil merekam penampakan ubur-ubur predator raksasa karena hidup sangat dalam di bawah air. “Ubur-ubur hantu raksasa pertama kali dikumpulkan pada tahun 1899. Sejak saat itu, para ilmuwan hanya bertemu hewan ini sekitar 100 kali,” demikian keterangan MBARI.
(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More