Ini 2 Cumi-Cumi Terbesar di Dunia, Berat 450 Kg dan Panjang 14 Meter

Senin, 28 November 2022 - 17:34 WIB
loading...
Ini 2 Cumi-Cumi Terbesar di Dunia, Berat 450 Kg dan Panjang 14 Meter
Legenda tentang cumi-cumi raksasa telah ada ribuan tahun dan bukti foto yang mengonfirmasi keberadaan mereka hampir 150 tahun yang lalu. Foto/Live Science
A A A
CAPE TOWN - Legenda tentang cumi-cumi raksasa telah ada ribuan tahun dan bukti foto yang mengonfirmasi keberadaan mereka hampir 150 tahun yang lalu. Ada dua cumi-cumi terbesar di dunia dan keduanya berukuran raksasa .

Pertama cumi-cumi raksasa atau Architeuthis dux adalah cumi-cumi terpanjang. Kedua cumi-cumi kolosal atau Mesonychoteuthis hamiltoni adalah yang terberat.

Cumi-cumi raksasa, yang ditemukan di setiap samudra, diperkirakan mencapai panjang sekitar 12 hingga 14 meter dari ujung tubuhnya hingga ujung tentakelnya. Sedangkan beratnya sekitar 270 kilogram.

Baca juga; Bangkai Cumi-cumi Raksasa Langka Terdampar di Pantai Afrika Selatan

Cumi-cumi kolosal, yang hidup di perairan Antartika dan berkelana jauh ke utara Selandia Baru, diperkirakan mencapai panjang 9 hingga 10 meter. Untuk ukuran berat, bisa mencapai sekitar 450 kg.

Ada klaim penampakan cumi-cumi raksasa dengan panjang sekitar 66 kaki atau 20 meter. Namun, menurut Two Oceans Aquarium di Cape Town, Afrika Selatan, belum diverifikasi.

“Ini kemungkinan menjadikan cumi-cumi kolosal sebagai invertebrata paling masif di Bumi,” kata Heather Judkins, ahli cephalopoda di University of South Florida di St Petersburg, kepada Live Science, Senin (28/11/2022).

Cumi-cumi raksasa dan cumi-cumi kolosal memiliki mata terbesar dari semua hewan hidup. Diperkirakan berukuran lebar sekitar 27 sentimeter, seukuran bola sepak. Menurut Museum Selandia Baru, mungkin mata terbesar yang pernah ada di dunia hewan.

Baca juga; Fosil Cumi-cumi Vampir Berusia 30 Juta Tahun Ditemukan Kembali

Setiap mata cumi-cumi kolosal juga dilengkapi dengan organ pemancar cahaya yang dikenal sebagai photophore. Cumi-cumi kolosal menggunakan fotofor ini seperti lampu depan untuk melihat dalam kegelapan. Berbeda dengan mata cumi-cumi raksasa yang kekurangan photophores.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2311 seconds (10.101#12.26)