8 Ikan Terbesar di Laut, Nomor 1 Beratnya Sama dengan Bis

Jum'at, 23 Desember 2022 - 07:15 WIB
Hiu paus menjadi ikan terbesar di dunia dengan berat mencapai 21 ton. Foto: ist
JAKARTA - Ikan terbesar di dunia penting diketahui. Faktanya, banyak sekali ikan berukuran raksasa yang masuk dalam daftar terancam punah. Padahal umumnya mereka berada di puncak ekosistem. Jadi, banyak diantara ancaman ikan-ikan terbesar di dunia datang dari manusia.

Nah, berikut adalah ikan-ikan terbesar di dunia:

8. Pari Manta Karang

Manta alfredi adalah spesies pari terbesar kedua dan spesies ikan terbesar kesepuluh yang hidup di dunia saat ini. Ikan ini umumnya ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis. Berat ikan bisa mencapai 1,4 ton dan panjang hingga 5,5 m.

Pari Manta mengkonsumsi zooplankton. Musuh terbesar Pari Manta adalah aktivitas manusia seperti penangkapan ikan yang berlebihan. Oleh karena itu, Pari Manta Karang merupakan spesies Rentan dalam Daftar Merah IUCN.



7. Ikan Sturgeon Beluga



Ikan Sturgeon Beluga adalah spesies yang terancam punah. Habitat ikan terbatas pada Laut Hitam, Kaspia, dan Laut Adriatik. Manusia mengeksploitasi spesies ini untuk kaviar beluga, yang sangat mahal.

Penangkapan ikan yang tidak diatur dan kegiatan perburuan sangat mengurangi populasi ikan ini. Spesimen sturgeon beluga terbesar yang diketahui telah ditemukan dengan panjang 7,1 meter dan berat 1.571 kg.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More