Kecanggihan T-90 M Dipuji Komandan Tank Rusia, Punya Sistem Kendali Tembakan Terbaik

Senin, 09 Januari 2023 - 13:40 WIB
Kementerian Pertahanan Federasi Rusia merilis perbandingan kecanggihan tank T-90M dan tank T-72 yang diuji para awak tank pasukan angkatan darat negara beruang merah itu. Foto/Bulgarian Military
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Federasi Rusia merilis perbandingan kecanggihan tank T-90M dan tank T-72 yang diuji para awak tank pasukan Rusia. Hasilnya, tank T-90M memiliki sistem pengendalian tembakan dan perlindungan yang lebih baik dibandingkan tank T-72.

Seorang komandan tank T-90M Proryv dengan call sign Svetliy mengatakan hal pertama yang membuatnya terkesan adalah sistem pengendalian tembakan yang lebih baik. Apalagi persenjataan tank T-90M juga berbeda dengan T-72.

Tank T-90M juga dilengkapi senapan mesin desain baru Kort yang menggantikan senapan mesin NSVT era Uni-Soviet yang usang. Senapan mesin berat kaliber 12,7 x 108mm ini memiliki laju tembakan 600–650 putaran/menit dan jarak tembak efektif 2.000 meter.



Menurut Svetliy, dengan sistem elektro-optik baru, kru T-90M dapat membidik lebih cepat daripada yang digunakan di T-72. Komandan tank ini mengatakan bahwa gambar dan kontur target dari sistem elektro-optik juga telah diperbaiki, dan T-90M memiliki kamera tampak belakang.



Svetliy pun menyukai fitur sistem pengawasan baru, yang dapat beroperasi pada siang, malam, dan pencitraan termal. Kemudian, tank T-90M mengintegrasikan pengintai laser dan sistem kendali tembakan elektronik pertama.



Svetliy pun sangat terkesan dengan sistem pengendalian tembakan T-90, yang menampilkan asisten suara. Bahkan asisten suara diintegrasikan ke dalam sistem penggerak tank.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More