Peristiwa Langka, Paus Abu-Abu Melahirkan di Lepas Pantai California

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:34 WIB
Peristiwa langka, proses melahirkan paus abu-abu terekam kamera sekelompok pengamat paus di lepas pantai California. Foto/Capt. Daves Dolphin & Whale Watching Safari/Live Science
CALIFORNIA - Peristiwa langka, proses melahirkan paus abu-abu (Eschrichtius robustus) terekam kamera sekelompok pengamat paus di lepas pantai California, Amerika Serikat. Bahkan, ini bisa menjadi fenomena luar biasa yang pertama kali berhasil diabadikan kamera.

Peristiwa kelahiran paus abu-abu hampir tidak pernah dapat disaksikan karena habitatnya berada di lautan yang luas. Rekaman baru bisa menjadi satu-satunya bukti momen langka yang selama ini jarang diketahui.

Fenomena yang sangat langka ini terekam pada 2 Januari 2023, beberapa mil di lepas pantai Dana Point di Orange County. Ketika itu sekelompok pengamat paus sedang berkeliling menggunakan kapal Kapten Dave's Dolphin & Whale Watching Safari (DWWS).



“Sejauh yang saya tahu, belum ada yang memfilmkan paus abu-abu melahirkan," kata pemilik DWWS Dave Anderson kepada Live Science yang dikutip SINDOnews, Kamis (12/1/2023).



Mereka melihat seekor paus abu-abu betina berukuran panjang antara 12 hingga 15 meter. Tak lama kemudian, paus abu-abu betina itu mulai bertindak secara sporadis, sebelum genangan darah muncul di permukaan.

Para pengamat khawatir melihat darah itu, karena menduga sebagai serangan hiu. Namun, kekhawatiran itu sirna ketika melihat seekor anak paus abu-abu naik ke permukaan untuk mengambil napas pertamanya.

“Ini sangat menegangkan. Ini adalah penampakan sekali seumur hidup,” kata seorang pengamat perwakilan DWWS.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More