6 Fakta Menarik Burung Pelatuk, Punya Otot Leher dan Tengkorak Kuat

Kamis, 19 Januari 2023 - 18:57 WIB
6 Fakta Menarik Burung Pelatuk, Punya Otot Leher dan Tengkorak Kuat
Burung pelatuk atau sering dibilang dikenal woodpecker adalah anggota keluarga picidae, yang juga termasuk pikulet, wryneck, dan sapsuckers. Foto/Wikipedia
JAKARTA - Burung pelatuk atau sering dibilang dikenal woodpecker adalah anggota keluarga picidae, yang juga termasuk pikulet, wryneck, dan sapsuckers. Spesies burung pelatuk mencari mangsa serangga di batang dan dahan pohon.

Mereka sering berkomunikasi dengan memukul-mukul paruhnya, menghasilkan suara gema yang dapat didengar dari jarak jauh. Berikut fakta menarik burung pelatuk dikutip dari laman birdsandblooms, Kamis (19/1/2022).

1. Bisa Ditemukan di Mana-Mana
Sebagian besar burung pelatuk terikat pada hutan dan semak belukar, tetapi beberapa spesies, seperti kedipan utara, hidup di tepi hutan. Tetapi beberapa burung pelatuk adalah burung gurun. Pelatuk Gila tumbuh subur di habitat gurun yang hampir tidak berpohon di Amerika Serikat bagian barat daya dan Meksiko.

2. Memiliki Otot Leher Kuat
Burung pelatuk punya otot leher yang kuat dan padat sehingga mampu mengebor batang pohon berulang kali hingga 20 kali per detik. Sementara otot ekstra di tengkorak berfungsi sebagai helm pelindung dengan menjaga agar otak tidak bergoyang saat mengebor pohon.

3. Punya Bentuk Tengkorak Unik
Burung pelatuk memiliki struktur kerangka unik yang memungkinkan mereka mematuk kayu tanpa merusak otak atau mata mereka. Tengkoraknya tebal dan kuat, dan paruhnya pendek seperti pahat.

4. Punya Lidah Panjang Mencapai Paruh
Lidah burung pelatuk yang panjang untuk menjangkau celah-celah mencari tempayak, semut, dan getah. Lidah burung pelatuk bisa mencapai sepertiga dari total panjang tubuhnya begitu panjang sehingga ketika ditarik, melilit bagian belakang tengkorak burung.

5. Membuat Sarang di Rongga Pohon
Burung pelatuk membuat sarang dengan membuat rongga di pohon mati atau sekarat. Rongga biasanya menampung tiga hingga enam telur, dan kedua induknya merawat burung muda. Pelatuk tidur di rongga sepanjang tahun.

6. Memiliki Kaki Unik
Burung pelatuk memiliki empat jari, jari pertama menghadap ke belakang, kedua dan ketiga menghadap ke depan untuk dapat menavigasi ke atas dan ke sekeliling batang pohon. Nama ilmiah susunan jari kaki ini adalah zygodactylism.

MG/Tazakka Artesa Hidayat