NASA Kembangkan Generator Nuklir Mini untuk Satelit Berukuran Kecil

Kamis, 19 Januari 2023 - 21:45 WIB
loading...
NASA Kembangkan Generator Nuklir Mini untuk Satelit Berukuran Kecil
NASA telah memberi lampu hijau pada proyek Institut Teknologi Rochester untuk mengembangkan sumber tenaga nuklir mini untuk satelit berukuran kecil atau cubesat. Foto/NewAtlas
A A A
FLORIDA - NASA telah memberi lampu hijau pada proyek Institut Teknologi Rochester untuk mengembangkan sumber tenaga nuklir mini untuk satelit berukuran kecil atau cubesat. Sebagian besar satelit yang beroperasi saat ini ditenagai oleh panel surya yang mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Panel-panel surya ini melakukan tugasnya dengan sangat baik, tetapi di luar angkasa jauh di luar orbit Mars, sinar matahari tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan. Sebagai alternatif, banyak pesawat luar angkasa membawa Multi-Mission Radioisotope Thermal Generators (MMRTGs), yang menggunakan gradien suhu untuk menghasilkan listrik.

Masalah MMRTG adalah ukurannya yang relatif besar. Pada penjelajah Mars Perseverance NASA, berukuran berdiameter 64 cm, panjang 66 cm, dan berat 45 kg. Akibatnya, MMRTG ini digunakan untuk pesawat ruang angkasa yang sangat besar, berukuran seperti mobil SUV.



Dikutip dari laman NewAtlas, Kamis (19/1/2023), proyek sumber tenaga nuklir mini NASA diharapkan dapat mengurangi rasio ukuran yang besar menjadi sepersepuluh atau hanya 3 W/kg. Ini dilakukan dengan menggunakan prinsip baru yang pada dasarnya adalah panel surya yang bekerja secara terbalik.
NASA Kembangkan Generator Nuklir Mini untuk Satelit Berukuran Kecil


Sumber tenaga radioisotop baru bekerja berdasarkan ide sel termoradiatif, di mana panas dalam bentuk sinar infra merah mengenai panel surya dengan elemen yang terbuat dari indium, arsenik, antinomi, dan fosfor dalam berbagai kombinasi. Ini menghasilkan perbedaan potensial dengan polaritas terbalik dari yang ditemukan di sel surya.

"Singkat cerita, sel termoradiatif menghasilkan listrik dari panas dan membuang energi limbah dalam bentuk foton inframerah. Ini bekerja dengan efisiensi yang jauh lebih besar menghasilkan ThermoRadiative Generator (TRG) baru," tulis laman NewAtlas.



Jika teknologi baru ini dapat dibuat praktis, itu berarti misi masa depan ke Jupiter dan sekitarnya, dapat menggunakan pesawat ruang angkasa seukuran cubeSat dengan generator kecil. Ini berarti bahwa konsep misi Unggulan Uranus, misalnya, dapat disertai dengan armada kecil cubeSats yang dapat membantu eksplorasi dengan memberikan lebih banyak sudut pandang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)