Berukuran 16 Meter, Papirus Buku Orang Mati Ungkap Tradisi Penguburan Mesir Kuno

Kamis, 26 Januari 2023 - 23:39 WIB
loading...
Berukuran 16 Meter, Papirus Buku Orang Mati Ungkap Tradisi Penguburan Mesir Kuno
Papirus berusia lebih dari 2.000 tahun itu ditemukan di dalam peti mati di sebuah makam di selatan Step Pyramid of Djoser di Saqqara. Foto/Ancient-Origins
A A A
KAIRO - Untuk pertama kalinya dalam 100 tahun, sebuah papirus lengkap "Buku Orang Mati" telah ditemukan di Saqqara, Mesir . Papirus sepanjang 52 kaki atau 16 meter ini berisi bagian-bagian dari Kitab Orang Mati.

Dokumen berusia lebih dari 2.000 tahun itu ditemukan di dalam peti mati di sebuah makam di selatan Step Pyramid of Djoser di Saqqara. Ada banyak teks dari The Book of the Dead, dan analisis temuan baru dapat menjelaskan tradisi penguburan Mesir kuno.

Pekerjaan konservasi sudah selesai, dan papirus sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. “Ini adalah papirus lengkap pertama yang ditemukan di Saqqara dalam lebih dari 100 tahun,” kata Mostafa Waziry, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan dikutip dari laman Live Science, Kamis (26/1/2023).



Piramida Djoser dibangun pada masa pemerintahan Firaun Djoser yang memerintah sekitar tahun 2630 SM hingga 2611 SM. Ini merupakan piramida pertama yang dibangun orang Mesir. Daerah di sekitar piramida berundak digunakan untuk penguburan selama ribuan tahun.

“Memang, peti mati yang menampung papirus yang baru ditemukan berasal dari Periode Akhir (sekitar 712 SM hingga 332 SM),” ujar Zahi Hawass, mantan menteri Purbakala Mesir, kepada Live Science melalui email.

Hawass menambahkan, informasi tentang siapa yang memiliki papirus dan tanggal persisnya akan segera diumumkan. The Book of the Dead adalah nama zaman modern yang diberikan untuk serangkaian teks yang diyakini orang Mesir akan membantu orang mati menavigasi dunia bawah, di antara tujuan lainnya.

Buku ini banyak digunakan selama Kerajaan Baru (sekitar 1550 SM hingga 1070 SM). Meskipun panjangnya 16 meter, ada contoh lain dari papirus Kitab Orang Mati yang ukurannya lebih panjang.



“Ada banyak manuskrip yang memiliki panjang yang sama, tetapi manuskrip papirus dari teks-teks keagamaan Mesir kuno dapat bervariasi panjangnya secara dramatis,” kata Foy Scalf, Kepala Arsip Penelitian di University of Chicago, kepada Live Science melalui email.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)