Ilmuwan Temukan Mikroplastik di Jaringan Pembuluh Darah Manusia

Senin, 06 Februari 2023 - 21:34 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Mikroplastik di Jaringan Pembuluh Darah Manusia
Lima jenis mikroplastik yang berbeda ditemukan pada beberapa sampel yang diambil dari vena safena (kaki) beberapa pasien yang menjalani operasi bypass jantung.. FOTO/ MC
A A A
LONDON - Sebuah tim peneliti dari University of Hull di Inggris terkejut menemukan mikroplastik untuk pertama kalinya dalam jaringan pembuluh darah manusia.



Seperti dilansir dari RT, lima jenis mikroplastik yang berbeda ditemukan pada beberapa sampel yang diambil dari vena safena (kaki) beberapa pasien yang menjalani operasi bypass jantung.

"Kami terkejut menemukan mikroplastik,'Kita sudah tahu bahwa mikroplastik ada di dalam darah, tetapi tidak jelas apakah mereka dapat melintasi pembuluh darah ke jaringan pembuluh darah dan penelitian ini ungkap fakta itu," kata penulis studi Profesor Jeanette Rotchell dalam siaran pers.

Berdasarkan studi tersebut, mereka menemukan bahwa konsentrasi rata-rata 15 partikel plastik per gram jaringan vena sama atau lebih tinggi dari kadar yang ditemukan di jaringan paru-paru dan usus besar.

Namun, mereka mengamati bahwa bentuk dan jenis plastik yang ditemukan di jaringan pembuluh darah berbeda dengan plastik di jaringan lain.

Jenis plastik yang paling umum ditemukan dalam sampel penelitian termasuk resin alkid yang ditemukan dalam cat sintetis dan polivinil asetat, sejenis perekat yang digunakan dalam pengemasan dan pengiriman.

Ditemukan juga EVOH-EVA dimana plastik digunakan sebagai lapisan kedap air.

Meskipun Rotchell menekankan bahwa para peneliti masih belum mengetahui implikasi polusi mikroplastik bagi kesehatan manusia, dia mengakui bahwa bahan tersebut telah terbukti menyebabkan respons peradangan di laboratorium.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)