Guncangan Hebat Gempa Turki Sampai Terasa di Greenland

Selasa, 07 Februari 2023 - 15:52 WIB
loading...
Guncangan Hebat Gempa Turki Sampai Terasa di Greenland
Guncangan gempa di Turki terasa hingga Greendland. FOTO/ IST
A A A
KAIRO - Gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah serta mengakibatkan ribuan korban jiwa, kekuatan gempa juga dirasakan di Greenland..



Seperti dilansir dari Daily Mail Selasa (7/2/2023), gempa itu terdeteksi 5.461 kilometer di lepas pantai timur Greenland sekitar delapan menit setelah getaran pertama berkekuatan 7,8 skala Richter terjadi pada pukul 4.17 pagi (waktu Turki).

Ribuan orang tewas dan lebih banyak lagi dilaporkan terjebak atau terluka di bawah reruntuhan bangunan di Turki dan Suriah saat operasi penyelamatan berlanjut.

"Gempa besar di Turki terekam dengan jelas di seismograf (alat pengukur kekuatan gempa) di Denmark dan Greenland," kata seismolog Tine Larsen dari Geological Survey of Denmark and Greenland (GEUS).

Gempa bumi pertama berkekuatan 7,8 skala Richter tercatat pada kedalaman 17,7 km di kota Gaziantep, yang dihuni sekitar dua juta orang, kata Survei Geologi Amerika Serikat (AS).

“Gelombang yang dihasilkan gempa terekam oleh seismograf di pulau Bornholm, Denmark sejauh sekitar 5.632 kilometer sekitar lima menit setelah gempa dimulai,''

"Delapan menit kemudian, getaran terasa di pantai timur Greenland sebelum menyebar ke seluruh Greenland," jelas Larsen. –
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)