Dihancurkan Letusan Gunung Vesuvius, Rahasia Penerus Alexander Agung Diungkap Teknologi AI

Kamis, 09 Februari 2023 - 21:36 WIB
loading...
Dihancurkan Letusan Gunung Vesuvius, Rahasia Penerus Alexander Agung Diungkap Teknologi AI
Sebuah mozaik kuno bergambar Alexander Agung yang ditemukan di Pompeii, Italia. Foto/Live Science/Wikimedia
A A A
PARIS - Gulungan papirus berusia 2.000 tahun yang dikenal sebagai The Lost Book karena hancur akibat letusan gunung berapi Vesuvius berhasil diungkap isinya berkat teknologi Artificial Intelligence (AI). Gulungan papirus itu ternyata isinya menuliskan dinasti yang menggantikan Alexander Agung.

Gulungan papirus yang dijuluki The Lost Book atau Buku yang Hilang ini kondisinya hangus menjadi arang akibat letusan gunung Vesuvius tahun 79 M. Berabad-abad kemudian, gulungan itu diserahkan kepada Napoleon Bonaparte pada tahun 1804.

Buku yang hilang itu berasal dari Vila Papirus di Herculaneum, sebuah kota yang hancur di sepanjang Pompeii ketika Gunung Vesuvius meletus setelah pergantian milenium pertama. Vila tersebut, dinamai berdasarkan banyak ditemukan gulungan papirusnya yang berisi tulisan filsuf Philodemus (hidup sekitar tahun 110 SM sampai 30 SM).



Bongkahan gulungan papirus yang menghitam ini diberikan kepada Napoleon Bonaparte dan diserahkan ke Institut de France di Paris. Pada tahun 1986, upaya membuka gulungan papirus malah mengakibatkan kerusakan lebih lanjut.

Dikutip dari laman Live Science, Kamis (9/2/2023), saat ini para peneliti menggunakan teknologi machine learning, cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence), untuk mengungkap isi papirus itu. Teknologi machine learning digunakan karena mampu membedakan tinta samar pada gulungan papirus yang kondisinya tak utuh.

Machine learning adalah ilmu pengembangan algoritma dan model secara statistik yang digunakan sistem komputer untuk menjalankan tugas tanpa instruksi eksplisit, dengan mengandalkan pola serta inferensi. Sistem komputer menggunakan algoritme machine learning untuk memproses data historis berjumlah besar dan mengidentifikasi pola data.
Dihancurkan Letusan Gunung Vesuvius, Rahasia Penerus Alexander Agung Diungkap Teknologi AI


Hal ini memungkinkannya untuk memprediksi hasil yang lebih akurat dari set data input yang diberikan. Richard Janko, profesor studi klasik Universitas Gerald F. Else di University of Michigan mengatakan berhasil mengungkap isi gulungan papirus The Lost Book menggunakan machine learning.



Hanya sebagian kecil dari teks yang rusak berat yang dapat dibaca sekarang. “Ini berisi nama sejumlah dinasti dan jenderal Makedonia Alexander Agung,” kata Janko saat presentasi pada pertemuan tahunan Institut Arkeologi Amerika dan Society for Classical Studies, di New Orleans bulan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)