Spesifikasi JAS 39 Gripen, Pesawat Tempur Multiperan Tercanggih Swedia

Senin, 13 Februari 2023 - 16:24 WIB
loading...
Spesifikasi JAS 39 Gripen, Pesawat Tempur Multiperan Tercanggih Swedia
JAS 39 Gripen adalah pesawat tempur multiperan bermesin tunggal yang diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan Saab Swedia. Fotio/Wikimedia/SAAB
A A A
STOCKHOLM - JAS 39 Gripen adalah pesawat tempur multiperan bermesin tunggal yang diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan Saab Swedia. Jas 39 Gripen dirancang untuk menggantikan pesawat tempur Saab 35 Draken dan 37 Viggen di Angkatan Udara Swedia .

JAS 39 Gripen (Bahasa Inggris: Griffin) adalah pesawat tempur multi-peran generasi baru yang menggunakan teknologi canggih. Pesawat tempur JAS 39 Gripen mampu melakukan berbagai misi Udara-ke-Udara, Udara-ke-Permukaan dan pengintaian menggunakan berbagai senjata paling modern.

Perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan Swedia, Svenska Aeroplan AB yang populer disebut SAAB dan Saab Group, memulai pengembangan JAS 39 Gripen pada tahun 1979. Swedia membuat program "pesawat tempur, serang, dan pengintaian" atau ett jakt-, attack- och spaningsflygplan disingkat "JAS" untuk menggantikan Saab 35 Draken dan 37 Viggen.



Penerbangan pertama JAS 39 Gripen dilakukan pada tahun 1988, dan penyerahan pesawat produksi seri pertama pada tahun 1993. JAS 39 Gripen memasuki layanan dengan Angkatan Udara Swedia pada tahun 1996.

Varian yang ditingkatkan, menampilkan avionik yang lebih canggih dan adaptasi untuk waktu misi yang lebih lama, mulai memasuki layanan pada tahun 2003. Pada tahun 2020, lebih dari 271 Gripen dari semua model, A–F, telah dibuat.

JAS 39 Gripen menggunakan desain konfigurasi sayap delta dan canard dengan desain stabilitas yang baik dan kontrol penerbangan fly-by-wire. JAS 39 Gripen dirancang untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan, sekaligus memenuhi persyaratan ketat keselamatan penerbangan, keandalan, efisiensi pelatihan, dan biaya pengoperasian yang rendah.

Dikutip dari laman airrecognition, Senin (13/2/2023), konfigurasi desain delta wing-canard menghasilkan stabilitas yang baik, membuat JAS 39 Gripen mampu bermanuver tinggi serta kinerja lepas landas dan pendaratan yang lebih baik. JAS 39 Gripen pun menjadi petarung paling gesit di dunia untuk pertarungan jarak dekat (dog fight).



Sistem Kontrol Penerbangan Fly-By-Wire (FCS) digital menghasilkan kemampuan Dog-Fight yang unggul. Avionik yang sepenuhnya terintegrasi menjadikannya pesawat yang "dapat diprogram", mengubah perangkat lunak dapat memberikan profil misi tambahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)