Asteroid Sar2667 Jatuh di Selat Inggris Ciptakan Cahaya Spektakuler

Senin, 13 Februari 2023 - 16:44 WIB
Asteroid Sar2667 Jatuh di Selat Inggris Ciptakan Cahaya Spektakuler
Asteroid jatuh di Inggris dan menimbulkan cahaya spektakuler menerangi Selat Inggris pada dini hari Senin pagi (13 /2/2023). FOTO/ DAILY
LONDON - Asteroid jatuh dan meledak di Selat Inggris dan menimbulkan cahaya spektakuler menerangi Selat Inggris pada dini hari Senin pagi (13 /2/2023). Dan kejadian itu berhasil direkam dan dibagikan di media sosial.

Asteroid yang diberi nama Sar2667 viral di media sosial, febomena alam itu menciptakan cahaya terang di pantai selatan Inggris di kota-kota seperti Brighton serta Guernsey .

Fisikawan Amerika Serikat Mark Boslough dari Laboratorium Nasional Los Alamos mengatakan kepada Wales Online bahwa " Akibat kejadian itu ciptakan semburan udara besar dan jarang terjadi", mereka "jarang ditemukan sebelumnya," tulis Daily Star Senin (13/2/2023).

Sebelumnya, bola api yang menerangi langit di atas Britania Raya dan Eropa Utara pada 28 Februari 2021 merupakan jenis meteorit yang sangat langka.

Pecahan batuan luar angkasa yang ditemukan di jalan masuk di Cotswolds dapat memberikan jawaban atas pertanyaan tentang sejarah awal tata surya dan kehidupan di Bumi.

Dikutip dari CNN , meteroit yang di kumpulkan dari kota kecil Gloucestershire di Winchcombe oleh para ilmuwan mencapai 300 gram (10,6 ons).

Batuan yang terbentuk dari kondrit berkarbon tersebut merupakan salah satu bahan paling primitif dan murni di tata surya dan telah diketahui mengandung bahan organik dan asam amino - bahan untuk kehidupan.