Membedah Senjata yang Digunakan KKB Papua Saat Mejeng Sandera Pilot Susi Air

Rabu, 15 Februari 2023 - 21:15 WIB
loading...
Membedah Senjata yang Digunakan KKB Papua Saat Mejeng Sandera Pilot Susi Air
KKB Papua merilis foto penyanderaan pilot Susi Air sambil membawa senapan serbu buatan Indonesia. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Foto Kelompok Kriminal Bersenjata Papua (KKB) mengedarkan foto dan video mereka saat menyandera pilot maskapai Susi Air, Capt Philip Mark Mehrtens. Dari foto yang beredar, Rabu (15/2/2023), terlihat Capt Philip mengenakan jaket jins, celana pendek, dan bucket hat. Dalam foto dan video itu, pilot yang asal Selandia Baru itu dikelilingi oleh gerombolan KKB yang menenteng senjata api hingga senjata tajam.

Menariknya ada tiga senjata api yang mencuri perhatian. Pasalnya ketiga senjata api tersebut tergolong sangat komplet karena dilengkapi dengan perlengkapan pendukung untuk bertempur dengan taktis.

Akun Twitter Random World War bahkan menyebutkan ketiga senjata api yang dimiliki oleh KKB Papua tersebut diduga didapatkan dengan cara merampas.

"Untuk senapan serbu atau small arms secara umum yang buatan Indonesia, bisa didapatkan oleh OPM dengan cara mencurinya atau merampasnya dari prajurit/polisi kita yang terluka maupun meninggal dunia, atau heli kita yang crash. Bisa juga membelinya dari oknum pengkhianat Indonesia," tulis Random World War.



Lalu apa saja senjata yang digunakan KKB Papua menurut akun Twitter yang membahas berbagai hal seputar sejarah militer dan alutsista secara faktual itu:

1. SS2 V4 + 40mm UGL
Membedah Senjata yang Digunakan KKB Papua Saat Mejeng Sandera Pilot Susi Air


SS2 merupakan senjata api yang dibuat oleh PT Pindad . Di akun Facebook PT Piindaj disebutkan bahwa SS2 (Senapan Serbu 2) merupakan generasi kedua dari senapan serbu Pindad sebelumnya yakni SS1.

SS2 memiliki desain lebih ergonomis, memiliki akurasi lebih baik dan memiliki ketahanan terhadap kelembaban yang juga lebih baik. SS2 dapat dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti peredam, teleskop, teropong malam, dan lain-lain.

Saat ini SS2 sudah hadir dalam empat generasi. Nah, SS2 V4 adalah generasi keempat. Fakta menariknya SS2-V4 merupakan senjata yang membawa tim TNI AD memenangkan berbagai lomba tembak internasional dengan peringkat pertama secara berturut-turut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4000 seconds (0.1#10.140)