Pesawat VMS Eve Mengudara Kembali, Virgin Galactic Siapkan Misi untuk AU Italia

Sabtu, 18 Februari 2023 - 09:10 WIB
loading...
Pesawat VMS Eve Mengudara Kembali, Virgin Galactic Siapkan Misi untuk AU Italia
Virgin Galactic kembali menerbangkan pesawat VMS Eve dari Pelabuhan Udara dan Luar Angkasa Mojave California, Rabu 15 Februari 2023. Foto/Reuters/Wikipedia/Virgin Galactic
A A A
MOJAVE - Virgin Galactic kembali menerbangkan pesawat VMS Eve dari Pelabuhan Udara dan Luar Angkasa Mojave California, Rabu 15 Februari 2023. Ini merupakan penerbangan pertama pesawat VMS Eve sejak 2021 atau dalam kurun 16 bulan terakhir.

Pesawat VMS Eve adalah kapal induk untuk platform peluncuran untuk Virgin SpaceShips yang berbasis di SpaceShipTwo milik Virgin Galactic. Pesawat ini dibangun oleh Scaled Composites untuk Virgin Galactic, menggunakan kode "VMS" singkatan dari "Virgin MotherShip".

Penerbangan tersebut berlangsung lebih dari 2,5 jam dan mencapai ketinggian maksimum sekitar 12.650 meter. Ini adalah penerbangan pertama pesawat VMS Eve ke Mojave dari Spaceport America di New Mexico, setelah menerima serangkaian modifikasi dan peningkatan.



Pesawat VMS Eve adalah bagian penting untuk tujuan pariwisata luar angkasa Virgin Galactic. Selama penerbangan operasional, pesawat membawa spaceliner VSS Unity berisi enam penumpang pada ketinggian 15.000 meter.

Setelah mencapai ketinggian tertentu, VSS Unity jatuh bebas dan menyalakan motor roketnya menuju ruang suborbital. Duo pesawat VMS Eve dan VSS Unity tercatat telah melakukan empat penerbangan luar angkasa, terakhir pada Juli 2021.
Pesawat VMS Eve Mengudara Kembali, Virgin Galactic Siapkan Misi untuk AU Italia


Ketika itu VSS Unity membawa empat penumpang, termasuk pendiri Virgin Group Richard Branson, mencapai batas orbit Bumi. Tak lama setelah penerbangan itu, Virgin Galactic mengumumkan akan meningkatkan Eve dan Unity, membuat kedua kendaraan tidak beroperasi untuk sementara waktu.

Menurut Kelly Latimer, Direktur Tes Penerbangan Senior Virgin Galactic, penerbangan pada 15 Februari 2023 dilakukan untuk menguji tiang baru pada pesawat VMS Eve. Tiang tengah pesawat VMS Eve yang baru diganti ini, merupakan titik di antara badan pesawat kembar tempat VSS Unity menempel.



“Setelah kami menyelesaikan pemeriksaan sistem selama uji penerbangan awal, Eve akan menerbangkan apa yang kami sebut penerbangan feri ke New Mexico,” katanya dikutip dari laman Space, Sabtu (18/2/2023).
Pesawat VMS Eve Mengudara Kembali, Virgin Galactic Siapkan Misi untuk AU Italia


Latimer menambahkan, pesawat VSS Unity kembali ke Spaceport America dan pesawat VMS Eve kemungkinan akan segera bergabung dengan spaceliner di sana. Virgin Galactic mungkin akan siap untuk melanjutkan penerbangan luar angkasa berawak yang pertama, yaitu misi penelitian untuk Angkatan Udara Italia pada musim semi ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)