Virgin Orbit Milik Miliarder Branson Sukses Mencapai Ruang Angkasa

Selasa, 19 Januari 2021 - 09:31 WIB
Virgin Orbit Milik Miliarder Branson Sukses Mencapai Ruang Angkasa
Virgin Orbit milik miliarder Branson diangkut menggunakan pesawat Boeing sukses mencapai ruang angkasa. Foto/dok
WASHINGTON - Virgin Orbit milik Miliarder Richard Branson sukses mencapai luar angkasa untuk pertama kalinya pada hari Minggu (17 Januari 2021) dengan uji coba roket yang diluncurkan dari udara. Virgin Orbit mengirimkan sepuluh satelit NASA ke orbit dan mencapai tonggak penting setelah sempat membatalkan peluncuran uji coba roket pertama tahun lalu.

Roket LauncherOne milik perusahaan yang berbasis di Long Beach, California dilepaskan ke udara dari bagian bawah Boeing 747 yang dimodifikasi dengan nama panggilan Cosmic Girl sekitar 35.000 kaki di atas Pasifik pada pukul 11:39 pagi. Selanjutnya, roket menyalakan mesin NewtonThree untuk mendorong dirinya keluar dari atmosfer Bumi. (Baca: Imuwan Mengembangkan Icebot untuk Meneliti Planet yang Membeku)

Menurut telemetri, LauncherOne telah mencapai orbit! perusahaan mengumumkan di Twitter selama misi pengujian, yang dijuluki Demo Peluncuran 2. "Dalam arti literal dan kiasan, ini jauh melampaui pencapaian kami dalam Demo Peluncuran pertama kami."

Kira-kira dua jam setelah kapal pengangkut Cosmic Girl lepas landas dari Mojave Air and Space Port di California selatan, roket, peluncur setinggi 70 kaki yang dirancang untuk membawa satelit kecil ke luar angkasa , berhasil menempatkan 10 satelit kecil di orbit untuk NASA.

Roket itu memang dirancang untuk membawa satelit kecil ke luar angkasa. Misinya, roket LauncherOne untuk menempatkan 10 satelit kecil di orbit NASA sekitar dua jam dalam misi tersebut, meskipun Virgin Orbit belum mengonfirmasi apakah mereka ditempatkan sesuai rencana. (Baca juga: Sebentar Lagi, NASA Ingin Robot Anjing Berkeliaran di Mars)

Tes hari Minggu juga mendorong Virgin Orbit ke dalam perlombaan antariksa komersial yang semakin kompetitif, menawarkan metode "peluncuran udara" yang unik untuk mengirim satelit ke orbit bersama saingannya seperti Rocket Lab dan Firefly Aerospace, yang telah merancang sistem peluncuran kecil untuk memasukkan satelit yang lebih kecil.

Eksekutif Virgin mengatakan peluncuran di ketinggian memungkinkan satelit ditempatkan di orbit yang diinginkan dengan lebih efisien. Ini juga meminimalkan pembatalan terkait cuaca dibandingkan dengan roket tradisional yang diluncurkan secara vertikal dari landasan. (Baca juga: Begini Cara Ilmuwan Memperkirakan Benda-benda Purbakala)

VOX Space LLC, anak perusahaan layanan pemerintah Virgin Orbit, menjual peluncuran menggunakan sistem tersebut kepada militer AS, dengan misi pertama dijadwalkan pada Oktober di bawah kontrak Angkatan Luar Angkasa AS senilai $ 35 juta untuk tiga misi.