Ngeri! Ini 5 Fakta Bulan Mini 2022 NX1 yang Diprediksi Menabrak Bumi

Rabu, 22 Februari 2023 - 18:55 WIB
Ngeri! Ini 5 Fakta Bulan Mini 2022 NX1 yang Diprediksi Menabrak Bumi
Terdapat lima fakta tentang Bulan Mini bernama 2022 NX1 yang diprediksi akan menabrak Bumi. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat lima fakta tentang Bulan Mini bernama 2022 NX1 yang diprediksi akan menabrak Bumi . Berita kemunculan benda luar angkasa ini memang sempat membuat heboh.

Banyak orang yang bertanya-tanya terkait kebenaran berita tersebut. Faktanya hingga saat ini para ilmuwan dan astronom hanya dapat memprediksi dengan kemungkinan terkecil.

Baca juga : 5 Asteroid yang Pernah Mendekati dan Nyaris Menabrak Bumi

Waktu terjadinya kontak fisik antara bulan mini dan Bumi ini juga diprediksi akan memakan waktu hingga puluhan atau ratusan tahun. Untuk lebih mengetahui apa sebenarnya bulan kecil ini, berikut ini fakta faktanya :

1. Ditemukan Oleh Astronom Amatir

Pada tahun 2022 lalu, dua astronom Grzegorz Duszanowicz dan Jordi Camarasa menemukan objek langit yang disangka asteroid atau sampah luar angkasa.

Dari temuan ini para ilmuwan dan astronom mulai melakukan penelitian, bahwa objek yang ditemukan tersebut bukanlah sampah luar angkasa melainkan sebuah bulan mini yang kemudian diberi nama 2022 NX1.

2. Asteroid yang Terpengaruh Gravitasi Bumi

Dilansir dari Marca, Bulan mini adalah asteroid yang terperangkap dalam gravitasi bumi, sehingga memasuki orbit yang sama, bulan mini ini juga biasa disebut dengan Asteroid kategori K.

Para peneliti dari Universidad Complutense de Madrid (UCM) dan Instituto de Astrofisica de Canarias (IAC) menetapkan bahwa bulan mini ini adalah asteroid yang terdiri dari berbagai jenis batuan dan logam.