5 Asteroid yang Pernah Mendekati dan Nyaris Menabrak Bumi

Sabtu, 17 April 2021 - 15:30 WIB
loading...
5 Asteroid yang Pernah Mendekati dan Nyaris Menabrak Bumi
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Asteroid adalah salah satu benda luar angkasa yang berukuran lebih kecil daripada planet tetapi lebih besar daripada meteoroid. Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya meski sama-sama benda langit, asteroid tidak memiliki ekor seperti komet.

Mayoritas asteroid yang telah diketahui mengorbit pada sabuk asteroid di antara orbit Mars dan Jupiter atau berbagi orbit dengan Jupiter (Asteroid Troya Jupiter). Tetapi, terdapat keluarga orbit lainnya dengan populasi signifikan, termasuk asteroid yang dekat-Bumi.

Astronom terus mengawasi pergerakan benda langit itu yang saat ini diketahui ribuan asteroid melintas dekat dengan bumi. Namun ada 5 asteroid yang lintasannya sangat dekat dengan bumi sehingga membuat astronom begitu mewaspadainya.

BACA: 5 Fakta UFO Kepung Kapal Perang AS, Apakah Alien Akan Invasi Bumi?

Berikut lima asteroid yang pernah melintas begitu dekat dan membuat warga Bumi waspada:

1. Asteroid 163373 (2002 PZ39)

Bertepatan dengan hari valentine 2020, Asteroid selebar 990 meter bergerak mendekati Bumi. Menurut CNEOS NASA, benda langit itu akan dekat dengan orbit Bumi pada 15 Februari 2020 sekitar pukul 06.00 waktu Jakarta.

Asteroid itu melaju mendekati Bumi dengan kecepatan 55.000 kph atau km/jam. CNEOS NASA mengategorikan asteroid itu sebagai benda langit yang "berpotensi berbahaya".

Asteroid akan melewati Bumi dari jarak 0,03860 unit astronomi atau sekitar 3,6 juta mil (5.793.638,4km). Asteroid itu sangat masif, sehingga jika terjadi tabrakan, akan membunuh jutaan manusia dan menyebabkan kepunahan massal hewan, dan musim dingin global dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Namun, Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat (AS) mengatakan benda langit yang lebih besar dari menara pencakar langit Burj Khalifa itu tidak akan menghantam planet ini, melainkan hanya memotong jalurnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1419 seconds (10.55#12.26)