7 Teleskop Tercanggih di Dunia, Dipakai Astronom Ungkap Misteri Alam Semesta

Sabtu, 25 Februari 2023 - 16:50 WIB
loading...
7 Teleskop Tercanggih di Dunia, Dipakai Astronom Ungkap Misteri Alam Semesta
Teleskop tercanggih di dunia menelan biaya yang sangat mahal, dan memiliki fungsi besar untuk mengungkap misteri alam semesta. Foto: dok Reuters
A A A
JAKARTA - Teleskop tercanggih di dunia ternyata cukup banyak. Bukan cuma Hubble dan James Web saja.

Teleskop luar angkasa canggih punya banyak sekali tujuan. Misalnya, untuk mempelajari asal muasal dan awal terbentuknya alam semesta.

Selain itu, teleskop luar angkasa juga dipakai untuk mencari planet di luar tata surya. Bahkan, untuk menemukan planet-planet yang memiliki kehidupan.

Teleskop canggih juga dipakai para astronom untuk menemukan lubang hitam di luar angkasa. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana lubang hitam terbentuk dan mempengaruhi struktur kosmos.

Dan yang tidak kalah penting adalah membantu mengidentifikasi benda-benda langit yang berbahaya, seperti asteroid atau komet yang mungkin mengancam Bumi. Nah, berikut adalah teleskop tercanggih di dunia:

1. Teleskop Luar Angkasa Hubble

7 Teleskop Tercanggih di Dunia, Dipakai Astronom Ungkap Misteri Alam Semesta

Teleskop Luar Angkasa Hubble atau Hubble Space Telescope (HST) adalah teleskop optik yang diluncurkan ke ruang angkasa pada 1990 oleh NASA dan European Space Agency (ESA).

Teleskop ini dikenal karena kemampuannya dalam menghasilkan gambar-gambar luar angkasa yang sangat indah dan detail. HST memiliki diameter cermin utama sebesar 2,4 meter dan terletak di orbit Bumi pada ketinggian sekitar 550 kilometer di atas permukaan laut.

Kelebihan HST adalah dapat menghindari hamburan cahaya dari atmosfer Bumi yang dapat mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan oleh teleskop tanah.

Selain itu, HST juga dapat mengamati objek-objek di luar angkasa dengan panjang gelombangnya berbeda-beda, mulai ultraviolet hingga inframerah.

2. Teleskop Keck

7 Teleskop Tercanggih di Dunia, Dipakai Astronom Ungkap Misteri Alam Semesta

Teleskop Keck adalah teleskop optik reflektor yang terletak di Mauna Kea, Hawaii. Teleskop ini memiliki diameter cermin utama besar, yakni sekitar 10 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6093 seconds (0.1#10.140)