Kerusakan Gyro Diatasi, Teleskop Luar Angkasa Paling Produktif di Dunia Kembali Beraksi

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:32 WIB
loading...
Kerusakan Gyro Diatasi, Teleskop Luar Angkasa Paling Produktif di Dunia Kembali Beraksi
Setelah jeda singkat, NASA mengumumkan Teleskop Luar Angkasa Hubble kembali beroperasi. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - Setelah jeda singkat, NASA mengumumkan Teleskop Luar Angkasa Hubble kembali beroperasi. Masalah dengan salah satu gyronya membuat Hubble masuk ke mode aman pada 19 November 2023.

Saat ini, masalah tersebut telah diatasi, dan teleskop luar angkasa paling produktif di dunia telah kembali beroperasi. Gyro adalah bagian dari sistem pemandu dan bidik teleskop, bersama dengan Sensor Panduan Halus dan Roda Reaksi.

Laman Science Alert melaporkan, teleskop secara otomatis menempatkan dirinya dalam mode aman pada tanggal 19 November 2023 setelah salah satu gyronya rusak, namun para insinyur memulihkannya keesokan harinya. Masalah gyro muncul kembali dan teleskop menghentikan operasi sains lagi pada tanggal 21 November 2023.



Sekali lagi, sudah pulih, dan lagi, masuk ke mode aman pada tanggal 23 November. Operasi sains ditangguhkan hingga 8 Desember.

“Kemudian para insinyur berhasil mengatasi masalah tersebut dan teleskop luar angkasa kembali beroperasi secara ilmiah,” tulis laman Science Alert, Kamis (14/12/2023).

Ketika teleskop luar angkasa Hubble diluncurkan pada tahun 1990, memiliki enam gyro. Pesawat-pesawat tersebut gagal dan diganti dengan enam pesawat baru dengan desain berbeda pada tahun 2009.

Sekarang, tiga di antaranya telah gagal, dan Hubble kini tinggal di tiga pesawat terakhir. Tidak ada lagi misi pelayanan pada Hubble, jadi ketika tiga misi terakhir ini akhirnya gagal, Hubble hanya akan menjadi kenangan.



Namun Hubble masih memiliki sisa kehidupan. NASA memperkirakan gyro akan bertahan hingga tahun 2030-an. Meskipun ada kemungkinan akan terjadi kegagalan berkala, mode aman, dan penangguhan operasi sains.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)