Wajah Roro Jonggrang Terkuak, AI Pastikan Wanita Jawa Manis-manis

Kamis, 02 Maret 2023 - 11:39 WIB
loading...
Wajah Roro Jonggrang Terkuak, AI Pastikan Wanita Jawa Manis-manis
Wajah Roro Jonggrang berdasarkan teknologi kecerdasan buatan. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
SOLO - Usai wajah Dyah Pitaloka Citraresmi terungkap melaui hasil rekayasa teknologi artificial intelligence (AI), kini melalui patung di Candi Prambanan salah satunya Roro Jonggrang.



Hadirnya teknologi AI mampu menyoroti kecantikan Roro Jonggrang. Dengan adanya teknologi AI manusia dapat melihat kecantikan Roro Jonggrang di zaman dahulu.

Pemilik akun TikTok ini pun mengunggah potret wajah Roro Jonggrang apabila menggunakan teknologi Artificial Intellegence .

"I asked AI to imagine "Roro Jonggrang based on Durha Statue" #artificialintelligence #majapahit #mataram (Saya bertanya ke AI untuk menggambarkan "Roro Jonggrang berdasarkan patung Durha")," tulisnya dalam keterangan video.

Diketahui bersama Roro Jonggrang merupakan cerita legenda yang dikenal masyarakat Jawa, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah.
Wajah Roro Jonggrang Terkuak, AI Pastikan Wanita Jawa Manis-manis

Cerita kisah Roro Jonggrang bercerita mengenai Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Karena kecantikan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso sangat terpikat.

Sehingga Bandung Bondowoso mencintai dan ingin sekali memperistri Roro Jonggrang yang merupakan gadis cantik jelita. Namun sangat disayangkan, kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang tidak berakhir bahagia.

Hal ini karena Roro Jonggrang dikutuk menjadi arca akibat tipu muslihat yang dilakukan Roro Jonggrang. Tipu muslihat yang dilakukan Roro Jonggrang ialah dengan menggagalkan permintaannya terhadap Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang bersedia menjadi istri Bandung Bondowoso dengan memiliki kedua syarat. Syarat pertama membuat sumur yang dinamakan sumur Jalatunda dan syarat kedua membangun seribu candi dalam semalam.

Bandung Bondowoso menjalankan syarat tersebut dengan mudah, termasuk membangun seribu candi dalam semalam.

Namun hal itu gagal lantaran Roro Jonggrang menumbuk padi dengan alu serta memerintahkan agar gundukan jerami di bakar di sisi timur.

Atas perbuatan yang dilakukan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso hanya bisa membangun 999 candi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)