Rusia Rilis Trailer The Challenge, Film Pertama yang Dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kamis, 09 Maret 2023 - 19:44 WIB
loading...
Rusia Rilis Trailer The Challenge, Film Pertama yang Dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional
Rusia merilis trailer film The Challenge yang dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/TASS/Daily Mail
A A A
MOSKOW - Perang dengan Ukraina tampaknya bukan gangguan berarti bagi negara sekelas Rusia . Tanpa banyak gembar-gembor, Rusia merilis trailer film The Challenge yang dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Peluncuran film The Challenge secara resmi dijadwalkan pada 20 April 2023 dan menjadi film panjang pertama yang para aktor dan sutradara diterbangkan langsung ke luar angkasa untuk syuting. Film The Challenge direkam di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang berada di ketinggian 250 mil atau 400 km di atas Bumi.

Tentu kabar ini telah mengalahkan proyek Tom Cruise untuk membuat film berdurasi panjang pertama yang dibuat di luar angkasa yang disutradarai oleh Doug Liman. Padahal bintang The Mission Impossible pertama kali terungkap ikut mengambil bagian dalam kolaborasi dengan SpaceX Elon Musk dan NASA pada Mei 2020.



Rusia yang tak banyak gembar-gembor, enam bulan kemudian, melalui Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos mengumumkan akan memilih 'wanita super' untuk membintangi film pertama yang dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Aktris yang terpilih adalah Yulia Peresild, berperan sebagai ahli bedah jantung Bernama Zhenya yang dikirim ke ISS untuk menyelamatkan nyawa seorang astronot. Selain melakukan prosedur rumit dalam gravitasi nol, karakter tersebut harus berjuang agar dianggap serius oleh kru pria lainnya.

Semua tahap persiapan untuk film tersebut ditayangkan di saluran TV Channel One yang dikontrol negara. Film ini dibuat untuk mempopulerkan aktivitas luar angkasa Rusia dan mengagungkan profesi kosmonot.

Uniknya, film The Challenge dibuat di ISS pada Oktober 2021, atau hanya beberapa bulan sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Kepala Roscomos Dmitry Rogozin, menunjuk dirinya sendiri sebagai produser The Challenge.



Film The Challenge menelan biaya sekitar 1,115 miliar rubel atau 12,4 juta pounds (Rp227,4 miliar), sedangkan film Cruise disebut-sebut memiliki anggaran yang lebih ambisius sebesar USD200 juta atau 170 juta pounds (Rp3,1 triliun).
Rusia Rilis Trailer The Challenge, Film Pertama yang Dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional


Bintang film The Challenge, seperti Yulia Peresild dan sutradara serta lawan mainnya Klim Shipenko, diluncurkan ke ISS bersama dua kosmonot Rusia menggunakan pesawat luar angkasa Soyuz MS-19. Peresild adalah seorang aktris panggung dan film yang sempat belajar filologi di kota Pskov sebelum pindah ke Moskow untuk mengejar akting. Dia membuat debut di serial TV Land pada tahun 2003 dan melakukan terobosan pada tahun 2010 dengan peran pendukung di The Edge.

Shipenko sebelumnya menggambarkan film berbasis ruang angkasa sebagai eksperimen karena kondisi di ISS yang tanpa gravitasi. “Tidak ada juru kamera tunggal yang bisa menjawab bagaimana bekerja dengan cahaya dari jendela kapal,” katanya dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (9/3/2023).

Meskipun The Challenge merupakan film pertama yang para pemerannya diterbangkan ke luar angkasa untuk syuting, Rusia sudah tidak asing dengan pembuatan film di luar angkasa. Pada 1984, Uni Soviet pernah membuat film fiksi ilmiah Return from Orbit yang diambil di stasiun luar angkasa Salyut 7.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2486 seconds (0.1#10.140)