Modul Progress 83 Rusia Bantu Manuver ISS Hindari Tabrakan dengan Satelit Argentina

Kamis, 09 Maret 2023 - 16:55 WIB
loading...
Modul Progress 83 Rusia Bantu Manuver ISS Hindari Tabrakan dengan Satelit Argentina
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan manuver untuk menghindari tabrakan dengan satelit observasi Bumi Argentina di orbit rendah bumi (LEO). Foto/NASA/Reuters
A A A
FLORIDA - Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan manuver untuk menghindari tabrakan dengan satelit observasi Bumi Argentina di orbit rendah bumi (LEO). Untuk mengangkat ISS keluar dari jalur orbit satelit Argentina, pendorong modul Progress 83 ditembakkan selama 6 menit.

Dikutip dari laman Space, Kamis (9/3/2023), sekitar pukul 12.42 GMT, modul Progress 83 yang berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ditembakkan selama lebih dari enam menit. Energi dorong modul Progress 83 berhasil menaikkan ISS ke atas orbit LEO untuk mencegah potensi tabrakan.

Menurut Sandra Jones, dari NASA Johnson Space Center, satelit yang berpotensi tabrakan dengan ISS adalah satelit observasi Bumi Argentina yang diluncurkan pada tahun 2020. Dalam sebuah tweet Dr. Jonathan McDowell, astronom dan astrofisikawan di Pusat Astrofisika Harvard–Smithsonian, menyebutkan satelit itu dikenal sebagai Nusat-17, yang mencatat peluruhan orbit konstelasi.



Satelit Nusat-17 adalah salah satu dari sepuluh satelit observasi komersial yang diluncurkan pada tahun 2020 dan dioperasikan oleh perusahaan data geospasial Satellogic. Konstelasi Nusat adalah salah satu dari beberapa satelit yang orbitnya perlahan-lahan merambah orbit ISS.

“Manuver dilakukan setelah NASA menerima peringatan awal potensi tabrakan sekitar 30 jam lebih awal dari posisi terdekat yang diproyeksikan satelit,” kata Jones kepada Space.com.
Modul Progress 83 Rusia Bantu Manuver ISS Hindari Tabrakan dengan Satelit Argentina


Manuver penghindaran yang dilakukan telah dikalkulasi dan kru di ISS bersama-sama dengan NASA dan tim darat Roscosmos bersiap untuk menembak pendorong sesuai jadwal. Manuver ini dilakukan di tengah jadwal padat kru ISS, setelah kedatangan Crew Dragon Endeavour dari SpaceX dan anggota Crew-6.

Mereka juga mempersiapkan kepulangan anggota Crew-5ke Bumi yang dijadwalkan pada minggu depan. Kru ISS juga mulai mempersiapkan kedatangan kargo Dragon CRS-27 SpaceX, yang saat ini dijadwalkan untuk diluncurkan 14 Maret.



NASA menyatakan manuver penghindaran ini tidak akan memengaruhi keberangkatan Crew-5 kembali ke Bumi. “Pembakaran ini tidak mengganggu pentahapan lalu lintas stasiun luar angkasa mana pun yang akan datang,” demikian keterangan NASA.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)