7 Hewan yang Memanfaatkan Magnet Bumi untuk Navigasi

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:52 WIB
loading...
7 Hewan yang Memanfaatkan Magnet Bumi untuk Navigasi
7 Hewan yang Memanfaatkan Magnet Bumi. FOTO/ AFP
A A A
JAKARTA - Hewan yang memanfaatkan magnet bumi untuk navigasi setidaknya ada 7 spesies hewan yang ada di bumi ini.

i

Tak hanya manusia yang memanfaatkan magnet bumi dalam kehidupan sehari-hari kita, untuk navigasi atau petunjuk arah, namun hewan juga memanfaatkan magnet bumi untuk navigasi.

Berikut daftar hewan yang menggunakan magnet bumi sebagai navigasi :

1. Penyu

Hewan satu ini ternyata memanfaatkan magnet bumi untuk melakukan perjalanan jauh. Terlebih penyu betina, mereka akan mengandalkan tanda magnet pada sepanjang pantai untuk bertelur di tempat kelahirannya, serta memastikan para generasi penyu menemukan tempat tinggal mereka.

2. Ikan Trout

Ikan dengan bintik-bintik pada sekujur tubuhnya ini ternyata masih memiliki kerabat dengan ikan salmon. Dalam sel pada lapisan hidung ikan trout mengandung bahan magnet yang sangat kuat. Hal ini mampu merespon perubahan medan magnet eksternal yang terjadi. Kemampuan ini digunakan sebagai navigasi untuk bergerak.

3. Lalat

Lalat buah adalah lalat kecil yang biasa kita lihat berkeliaran disekitar makanan yang dibiarkan terbuka. Lalat buah memiliki kemampuan untuk mendeteksi lokasi makanan yang sangat luar biasa. Penelitian yang baru-baru ini dilakukan menunjukan bahwa ketika protein pada retina manusia ditempatkan ke dalam lalat buah, maka lalat akan ammpu mendeteksi medan magnet eksternal.

4. Merpati

Hewan satu ini mungkisn sudah tidak asing lagi dengan kemampuan penggunaan medan magnet bumi untuk navigasi. Memiliki bola besi di sel rambut telinga bagian dalam, maka akan membantu mereka mendeteksi navigasi dan mencari tempat tinggal.

5. Ikan Salmon

Saat ikan salmon akan menetaskan telurnya, maka mereka harus mencar tempat yang berpotensial terlebih dahulu, hal ini dapat dilakukan dengan bantuan sensor geomagnetik yang terdapat dalam tubuhnya, sensor ini nantinya akan membantu mereka untuk mendeteksi medan magnet bumi dan memetakan jalur migrasinya.

6. Ikan Hiu


Keajaiban ikan satu ini adalah memiliki konsistensi yang tinggi, ketika bermigrasi maka Hiu akan tetap dalam jalurnya dan konstan, hal ini tentu karena kelebihan mereka memiliki jeli dalam hidungnya yang bernama ampulla lorenzini. Jeli dalam hidung ini berfungsi sebagai receptor yang memungkinkan hiu mendeteksi sinyal listrik dan medan magnet bumi.

7. Lobster Duri

Tiap akhir musim gugur lobster duri akan melakukan migrasi ke lautan yang hangat dengan arus tenang, mereka bermigrasi tentunya dengan bantuan magnet bumi untuk menentukan jalur dan posisi migrasi mereka.

Berikut tadi adalah 7 hewan yang memanfaatkan magnet bumi untuk navigasi, apakah ada hewan yang baru anda ketahui jika ternyata mereka juga memanfaatkan magnet bumi untuk navigasi?

MG/Benedicto Aji Saka Pranoto
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)