Siap Jadi Mimpi Buruk Rusia, Inilah Kecanggihan B-21 Raider Seharga Rp10,8 Triliun

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:24 WIB
loading...
Siap Jadi Mimpi Buruk Rusia, Inilah Kecanggihan B-21 Raider Seharga Rp10,8 Triliun
Pesawat siluman B-21 Raider. FOTO/ DOK/ REUTERS
A A A
MOSCOW - Pesawat siluman pengebom B-21 Raider Amerika Serikat siap diterjunkan di medan perang Rusia Ukraina. Pesawat canggih yang yang ditaksir menelan biaya hingga USD750 juta (Rp10,8 triliun) akan jadi mimpi buruk Rusia



Dilansir dari Wall Street Journal , Pentagon menargetkan B-21 Raidder dapat terbang ribuan mil untuk menyerang musuh jarak jauh serta menghindar dari radar deteksi yang dimiliki oleh pertahanan udara paling mutakhir saat ini.

Pesawat itu menjadi bagian dari program pencegahan nuklir Amerika Serikat yang menelan anggaran USD1 triliun, yang juga akan mencakup kapal selam nuklir baru dan rudal berbasis darat untuk mengimbangi kekuatan nuklir China yang berkembang pesat belakangan ini.

Northrop Grumman Corp mengatakan B-21 dapat membawa senjata konvensional dan nuklir serta dapat terbang tanpa pilot.

“B-21 akan menjamin pertahanan nasional ini untuk setiap skenario yang mungkin ke depan, tidak ada sistem persenjataan lain bisa seperti itu” kata Pensiunan Air Force Letnan Jenderal David Deptula.

Pesawat B-21 Raider akan menjadi tulang punggung armada senjata nuklir lintas udara AS di masa depan dan dirancang untuk bertahan hidup setelah mencapai target yang paling dipertahankan sekalipun.

Dari informasi yang keluar, B-21 Raider mengambil sebagian besar desainnya dari pendahulunya.

Dengan musuh potensial Amerika yang mengembangkan dan menggunakan sistem pertahanan udara baru yang canggih, sebagian besar fokus selama pengembangan adalah kemampuan bertahan hidup.

B-21 harus mampu menembus pertahanan terberat dan China telah mengeklaim bahwa radarnya dapat mendeteksi bahkan pesawat siluman sekalipun.

Selain melakukan misi pengeboman, pesawat B-21 Raider akan dapat mengumpulkan dan berbagi intelijen, membantu serangan langsung ke berbagai sasaran.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)