Warna Hitam dan Bikin Astronot Nyaman, Ini Desain Baju Luar Angkasa Baru NASA

Jum'at, 17 Maret 2023 - 08:13 WIB
loading...
Warna Hitam dan Bikin Astronot Nyaman, Ini Desain Baju Luar Angkasa Baru NASA
Baju luar angkasa baru NASA dirancang oleh Axiom Space dan akan digunakan di misi Artemis III ke bulan. Foto: AP
A A A
AMERIKA - NASA baru saja pamer desain spacesuit (baju luar angkasa) baru yang akan dipakai astronot menjelajahi Bulan dalam misi Artemis III. Selain memiliki warna hitam (tidak lagi putih) dan ukuran lebih ringkas, baju tersebut juga diklaim lebih nyaman dikenakan.

Axiom Space , perusahaan yang mendesain dan membuat baju luar angkasa NASA itu mengklaim bahwa mereka tidak hanya fokus di desain, tapi juga mobilitas astronot yang akan bekerja di permukaan Bulan.

Baju ruang angkasa adalah pakaian yang dikenakan untuk menjaga hidup manusia dalam lingkungan yang keras dari luar angkasa, vakum dan suhu ekstrem.

Baju ini acap dipakai di dalam wahana antariksa juga untuk kegiatan ekstra atau extra-vehicular activity (EVA), pekerjaan yang dilakukan di luar wahana antariksa. Baju tersebut dipakai astronot untuk pekerjaan di orbit Bumi, di permukaan Bulan, dan bahkan perjalanan kembali ke Bumi dari Bulan.

“Kemitraan NASA dengan Axiom sangat penting untuk mendaratkan astronot di Bulan dan melanjutkan kepemimpinan Amerika di luar angkasa,” sebut Administrator NASA, Bill Nelson, dilansir dari The Verge.

Warna Hitam dan Bikin Astronot Nyaman, Ini Desain Baju Luar Angkasa Baru NASA

Nelson mengatakan, baju luar angkasa itu dibangun berdasarkan penelitian dan keahlian NASA selama bertahun-tahun. Istimewanya lagi, baju tersebut dirancang untuk memungkinkan wanita pertama berjalan di Bulan. Tak hanya itu, pakaian tersebut membuka peluang lebih banyak orang melakukan penelitian sains di bulan.

Astronot NASA telah menggunakan desain pakaian antariksa yang sama sejak dan teknologi yang secara umum tidak berubah selama 40 tahun terakhir.
Meskipun desain lama telah terbukti menjalankan tugasnya dengan sangat baik, namun tetap punya banyak kekurangan. Salah satunya, keterbatasan gerak. Padahal, astronot perlu kemampuan untuk berjalan, membungkuk, dan berjongkok dengan nyaman.

Hal tersebut sangat penting saat bekerja di lingkungan dengan gravitasi rendah seperti Bulan. Maka, diperlukan pakaian baru yang dapat memfasilitasi para astronot
.
Purwarupa baju baru itu disebut Axiom Extravehicular Mobility Unit atau AxEMU. Pembuatannya didasarkan pada beberapa pengembangan yang dibuat oleh NASA untuk prototipe Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU).

Fokus pengembangannya ada pada masalah-masalah seperti persyaratan termal untuk menghadapi suhu dingin yang ditemukan di kutub selatan Bulan, serta persyaratan mobilitas dan keselamatan yang lebih baik.

Warna Hitam dan Bikin Astronot Nyaman, Ini Desain Baju Luar Angkasa Baru NASA

Desain baru ini juga punya lebih banyak sambungan, terutama di bagian bawah. Dampaknya, semakin memperluas gerakan yang tidak mungkin dilakukan pada desain spacesuit yang lama. Sehingga memudahkan astronot untuk melakukan tugas-tugas seperti berjalan dan mengambil benda dari tanah saat berada di Bulan.



Keunikan lain ada pada helmnya yang punya fitur seperti pita lampu di bagian atas. Fungsinya untuk penglihatan yang lebih baik. Kemudian ada kamera video HD di bagian samping sehingga video POV astronot dapat disiarkan langsung kembali ke Bumi.

Perbedaan terbesar lainnya adalah astronot memakai AxEMU dari belakang, bukan masuk dari bawah lalu ke atas seperti model sebelumnya.
NASA tidak memiliki pakaian antariksa itu sendiri, namun menggandeng Axiom Space dalambentukkontrak.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)