5 Kelebihan Brahmos Missile yang Ingin Dijual India Ke Indonesia

Jum'at, 17 Maret 2023 - 14:55 WIB
loading...
5 Kelebihan Brahmos Missile yang Ingin Dijual India Ke Indonesia
Brahmos Missiles merupakan rudal terbaik di kelas rudal jelajah supersonik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Brahmos Missiles merupakan rudal terbaik di kelas rudal jelajah supersonik. Rudal yang satu ini dikenal dengan ledakannya yang tajam dan mengancam.

Dalam waktu dekat Indonesia diperkirakan akan membeli Brahmos Missiles dari perusahaan India , Brahmos Aerospace Private Limited (BAPL), untuk memperkuat angkatan militernya.

Dikutip dari imr media.in, selain Indonesia, beberapa negara lain di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, juga tertarik dengan BrahMos, yang dikembangkan dengan anggaran sederhana sebesar USD300 juta.



Menjadi salah satu rudal terbaik dikelasnya, tak heran jika Brahmos Missile mempunyai beberapa kelebihan.

Kelebihan Brahmos Missile

Berikut lima kelebihan dari Brahmos Missile yang dijual India ke Indonesia :

1. Menghancurkan kapal dengan target 450 Km

Dikutip dari airpace-review, rudal Brahmos dapat menghancurkan target kapal yang berada pada jarak 450 Km. Hal ini berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh Angkatan Darat India pada 30 Desember 2022 lalu.

Dalam uji coba tersebut, rudal Brahmos yang memiliki bobot sebesar 2,5 ton telah diluncurkan dari pesawat SU-30MKI. Dengan kombinasi tersebut menjadikan jangkauan rudal ini meningkat.

2. Mampu membawa hulu ledak hingga 300 Kg

Diketahui rudal Brahmos memiliki kemampuan yang cukup diandalkan, diantaranya mampu membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir dengan berat 200-300 Kg.

Dengan muatan yang dimilikinya itu, rudal Brahmos ini mampu memberikan ledakan yang tajam.

3. Menjadi Rudal yang Fleksibel

Brahmos merupakan rudal yang cukup fleksibel dikelasnya. Rudal yang satu ini dapat diluncurkan dari berbagai kendaraan diantaranya seperti truk, kapal selam dan pesawat terbang.


4. Memiliki Kecepatan Tertinggi

BrahMos adalah salah satu dari sedikit rudal jelajah di dunia yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan supersonik tinggi. Oleh karenanya, rudal ini sangat sulit untuk dicegat karena kecepatannya.

5. Memiliki tingkat deteksi radar yang rendah

Selain kecepatan, rudal ini juga memiliki tingkat deteksi yang rendah yang membuatnya lebih sulit untuk dicegat. Kelebihan yang satu ini hanya dimiliki oleh beberapa rudal saja, termasuk Brahmos Missiles.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)