Astronot UEA Sultan Al Neyadi Menyambut Ramadan di Luar Angkasa

Kamis, 23 Maret 2023 - 19:19 WIB
loading...
Astronot UEA Sultan Al Neyadi Menyambut Ramadan di Luar Angkasa
Astronot Uni Emirat Arab (UEA) Sultan Al Neyadi menyambut kedatangan bulan Ramadan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/NASA
A A A
DUBAI - Astronot Uni Emirat Arab (UEA) Sultan Al Neyadi menyambut kedatangan bulan Ramadan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Belum diketahui, apakah dia menjalani ibadah puasa atau tidak, selama berada di luar angkasa.

Astronot Sultan Al Neyadi tiba di ISS pada 2 Maret 2023 setelah diluncurkan ke orbit dengan roket Falcon 9 SpaceX dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. Dia berada di ISS selama setengah tahun dalam misi jangka panjang pertamanya.

Sebelum peluncuran, astronot UEA mengatakan dilarang berpuasa jika mengganggu aktivitas selama di ISS karena dia akan menjalani misi jangka panjang selama 6 bulan. “Kami benar-benar diizinkan untuk makan makanan yang cukup untuk mencegah kekurangan nutrisi atau hidrasi,” kata Al Neyadi selama konferensi pers pra-penerbangan pada 25 Januari.



Dia menambahkan bahwa prioritasnya adalah melayani misi, jadi dia tidak dapat melakukan aktivitas yang dapat membahayakan misi atau mungkin membahayakan awak lain. Al Neyadi bukanlah astronot pertama yang merayakan Ramadan di luar angkasa.

Muslim pertama yang pergi ke luar angkasa, Pangeran Sultan bin Salman Al-Saud dari Arab Saudi, tiba menjelang akhir bulan suci pada 17 Juni 1985. Dia diluncurkan dalam misi pesawat ulang-alik STS-51G selama seminggu.
Astronot UEA Sultan Al Neyadi Menyambut Ramadan di Luar Angkasa


Menurut tinjauan yang diberikan oleh Mohammad Bin Rashid Space Center yang mengelola program astronot UEA, Al Neyadi dijadwalkan melakukan 19 percobaan khusus di ISS. Uji coba pada topik-topik seperti sakit punggung, biologi tanaman, kesehatan jantung, ilmu material, radiasi, tidur, dan cairan.



Dalam konferensi pers pertamanya dari luar angkasa pada 6 Maret, Al Neyadi mengatakan dia masih menyesuaikan diri untuk melayang di luar angkasa, tetapi menikmati prosesnya. "Saya masih menghadapinya, saya masih belajar, tapi mudah-mudahan saya akan meningkatkan keterampilan saya dalam beberapa hari mendatang,” ujarnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)