4 Astronot SpaceX Crew-6 Dijadwalkan Tiba di Stasiun Luar Angkasa 3 Maret 2023

Kamis, 02 Maret 2023 - 22:24 WIB
loading...
4 Astronot SpaceX Crew-6 Dijadwalkan Tiba di Stasiun Luar Angkasa 3 Maret 2023
Misi astronot SpaceX Crew-6 dijadwalkan tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Jumat 3 Maret 2023 pagi. Foto/NASA/Space
A A A
FLORIDA - Misi astronot SpaceX Crew-6 dijadwalkan tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Jumat 3 Maret 2023 pagi. Kapsul Dragon Crew-6, bernama Endeavour, lepas landas menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dari NASA's Kennedy Space Center di Florida, Kamis (2/3/2023).

Endeavour membawa empat astronot ke lab ISS yang mengorbit untuk misi selama enam bulan. Keempat awak Crew-6, adalah astronot NASA Woody Hoburg dan Stephen Bowen, Sultan Al Neyadi dari Uni Emirat Arab (UEA) dan kosmonot Rusia Andrey Fedyaev.

Semuanya baru pertama kali menjalani misi di luar angkasa, kecuali Bowen yang merupakan komandan Crew-6. Bagi Al Neyadi akan menjadi orang pertama dari UEA yang menghabiskan waktu lama di ISS.



Awak SpeceX Crew-6 akan tumpang tindih, meskipun sebentar, dengan misi SpaceX lain di orbit yaitu Crew-5 yang tiba di ISS pada awal Oktober. Kuartet Crew-5, yaitu Josh Cassada dan Nicole Mann dari NASA, Koichi Wakata dari Jepang dan kosmonot Anna Kikina, dijadwalkan kembali ke Bumi lima hari setelah Crew-6 tiba.
4 Astronot SpaceX Crew-6 Dijadwalkan Tiba di Stasiun Luar Angkasa 3 Maret 2023


Para astronot Crew-5 tidak sendirian di ISS saat ini. Di laboratorium ISS ada Frank Rubio dari NASA dan kosmonot Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin, yang tiba pada bulan September dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia.

Soyuz ketiganya mengalami kebocoran cairan pendingin pada pertengahan Desember, membuatnya tidak layak untuk membawa spaceflyer pulang kecuali dalam keadaan darurat. Badan Antariksa Rusia, Roscosmos, telah meluncurkan Soyuz MS-23 pengganti tanpa awak untuk menjadi kendaraan kembali ke Bumi.



Soyuz MS-23 akan kembali ke Bumi sekitar akhir September, artinya Rubio, Propkopyev, dan Petelin akan menghabiskan enam bulan lebih lama di ISS daripada yang direncanakan semula. Berarti pada Jumat 3 Maret 2023, di ISS akan ada 11 astronot yang mengorbit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)