Teleskop Hubble Rekam Penampakan Menakjubkan Gugus M55 Bertabur Bintang

Kamis, 23 Maret 2023 - 23:59 WIB
loading...
Teleskop Hubble Rekam Penampakan Menakjubkan Gugus M55 Bertabur Bintang
Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA merekam penampakan yang menakjubkan gugus bola Messier 55 yang berkilauan bertabur bintang-bintang. Foto/ESA/NASA/Space
A A A
FLORIDA - Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA merekam penampakan yang menakjubkan gugus bola Messier 55 yang berkilauan bertabur bintang-bintang. Messier 55 (M55), adalah sebuah gugus bola di konstelasi Sagitarius (Sang Pemanah) yang menampung sekitar 100.000 bintang .

Para astronom mengatakan beberapa bintang ini, terutama di pusat M55, berkelap-kelip dengan kecerahan yang berubah-ubah. Gravitasi gabungan dari bintang-bintang M55 menarik gugus menjadi bentuk bola, ciri umum yang dimiliki oleh lebih dari 150 objek serupa yang menempati galaksi Bima Sakti.

Para astronom hanya tahu sedikit tentang M55 yang masih sulit dipahami, karena berjarak sekitar 17.000 tahun cahaya dari Bumi. Kluster ini berdiameter 100 tahun cahaya dan membentang sekitar dua pertiga lebar bulan purnama seperti yang terlihat dari Bumi.

M55 relatif terang, tetapi bagi pengamat di Belahan Bumi Utara, atmosfer Bumi mengaburkan gugus tersebut, sehingga bintang-bintangnya sulit dikenali.



“Meskipun Messier 55 berukuran besar dan cukup terang, dia tidak memiliki inti yang padat dan banyak bintangnya yang cukup redup. Jadi sulit untuk diamati dalam kondisi yang tidak optimal,” tulis perwakilan NASA dalam deskripsi gambar yang dikutip SINDOnews dari laman Space, Kamis (23/3/2023).

Ketika astronom Prancis Nicolas Louis de Lacaille menemukan M55 pada tahun 1752, dia mencatat bahwa gugus tersebut "menyerupai inti komet besar yang tidak jelas". Segera, perburuan dilakukan oleh Charles Messier, seorang astronom Prancis dan penerbit katalog Messier yang terkenal dari 110 objek langit dalam, salah satunya adalah M55.

Butuh waktu 26 tahun bagi Messier untuk menemukan gugus tersebut. Ketika dia melihatnya pada tahun 1778 dari observatoriumnya di Paris, dia menggambarkannya sebagai "nebula yang merupakan titik keputihan, sekitar 6′ ekstensi, itu cahayanya rata dan tampaknya tidak mengandung bintang apa pun."

Teleskop Luar Angkasa Hubble, tidak menghadapi kendala apa pun untuk mengamati M55. Observatorium memiliki posisi yang sangat bagus dari orbitnya di atas atmosfer Bumi untuk memotret pemandangan M55 yang paling jelas.



Bahkan dapat melihat bintang-bintangnya secara individual. Teleskop Hubble, yang diluncurkan ke orbit Bumi pada tahun 1990 dan masih kuat, telah memotret setidaknya 93 dari 110 objek Messier hingga saat ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)