Bunga Berkontur Seperti Kaca, Spesies Baru Anggrek Ditemukan

Minggu, 26 Maret 2023 - 07:17 WIB
Bunga Berkontur Seperti Kaca, Spesies Baru Anggrek Ditemukan
spiranthes hachijoensis adalah jenis spesies baru bunga Anggrek. FOTO/ Vivendo
TOKYO - Sebuah spesies baru anggrek dengan bunga seperti kaca yang halus telah ditemukan oleh para ilmuwan Jepang. Hal ini menyadari tumbuhan merah muda dan putih itu belum pernah tercatat sebelumnya.

Meskipun kehadirannya sering terlihat di taman dan kebun di Jepang, para peneliti di Universitas Kobe membutuhkan waktu satu dekade untuk memastikan bahwa tanaman yang dijuluki spiranthes hachijoensis adalah spesies yang sebelumnya tidak diketahui.

"Sungguh mengejutkan menemukan spesies baru spiranthes, meskipun tanaman bunga ini biasa terlihat di kebun, kebun buah-buahan, dan di antara tanaman pot," kata Profesor Fitologi, Kenji Suetsugu seperti dilansir dari AFP, Minggu (26/3/2023).

Menurut Suetsugu yang memimpin penelitian tersebut, beberapa sampel anggrek diambil dari tanaman pot dan kebun umum, termasuk yang dipelihara di sekolah menengah atas di prefektur Gifu di Jepang tengah.

“Dari bentuknya yang unik dan kelopak bunganya yang indah menyerupai kaca, tanaman ini sudah lama digandrungi masyarakat,” jelas pihak universitas dalam siaran persnya.

Pohon anggrek dengan bunganya yang halus dan batang yang bengkok pernah disebutkan dalam antologi puisi tertua di Jepang berjudul Manyoshu pada abad kedelapan.

Penemuan jenis baru dari spesies spiranthes, juga dikenal sebagai lady tresses, diumumkan minggu lalu di Journal of Plant Research.

Pohon anggrek tersebut diberi nama hachijoensis karena banyak sampel yang ditemukan di pulau Hachijojima di Tokyo.